Berita Gembira untuk Pembuat Aplikasi Apple

Berita Gembira untuk Pembuat Aplikasi Apple

Terbaiknews - - Tahun 2021 agaknya merupakan tahun yang baik untuk para pengembang (developer) aplikasi iOS yang...

- Tahun 2021 agaknya merupakan tahun yang baik untuk para pengembang (developer) aplikasi iOS yang mendaftarkan aplikasinya di App Store.

Pasalnya, dalam sebuah pengumuman di blog resmi, Apple bakal meringankan potongan pendapatan dari segala transaksi yang terjadi di App Store, dari semula 30 persen menjadi 15 persen.

Dengan demikian, para developer bakal mendapatkan porsi uang yang lebih banyak, apabila pengguna membeli aplikasi besutannya atau melakukan transaksi di dalam aplikasi (in-app purchase) mereka.

Tujuan ini tak lain adalah membantu para developer baru untuk berkembang di tahun depan.

Apple sendiri menyebut program teranyar ini dengan julukan "App Store Small Business Program". Adapun kebijakan ini bakal efektif mulai 1 Januari 2021 mendatang.

"Bisnis kecil adalah tulang punggung ekonomi global dan merupakan pusat inovasi di berbagai komunitas di seluruh dunia," ujar CEO Apple, Tim Cook, sebagaimana dikutip KompasTekno dari AppleNewsroom, Senin (23/11/2020).

"Program ini diluncurkan untuk membantu pelaku bisnis kecil (UMKM) untuk berkembang melalui aplikasi lewat layanan App Store," imbuh Cook.

Hanya developer "kecil"

Meski demikian, program ini tidak berlaku bagi seluruh developer yang membuat aplikasi untuk platform iOS di App Store.

Menurut Apple, pengembang yang berhak mendapatkan keringanan potongan revenue aplikasi adalah mereka yang pendapatannya tercatat kurang dari 1 juta dolar AS (sekitar Rp 14,2 miliar) di tahun 2020.