8 Perubahan Besar iPhone 12 yang Meluncur Tengah Malam Nanti

8 Perubahan Besar iPhone 12 yang Meluncur Tengah Malam Nanti

Terbaiknews - JakartaCNN Indonesia -- Tepat pada pukul 00.00 WIB besok (13/10)ÂApple akan meluncurkan...

Jakarta, CNN Indonesia --

Tepat pada pukul 00.00 WIB besok (13/10)ÂApple akan meluncurkan iPhone generasi terbarunya. Apple akan memperkenalkan iPhone 12Âyang akan membawa berbagai perubahan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Berikut 8 perubahan besar yang membuat iPhone 12 menjadi perhitungan para pengguna ponsel, termasuk yang masih menggunakan Android.

1. iPhone 12 tersedia empat varian

iPhone 12 kali ini diprediksi akan hadir dengan empat varian,ÂÂiPhone 12, iPhone 12 Pro, iPhone 12 Pro Max, dan iPhone 12 Mini. Sebelumnya, iPhone 11 hanya hadir dengan tiga varian.


Belum lagi iPhone sudah meluncurkan iPhone SE (2020) terbaru sebagai opsi lain. Artinya pengguna bisa memiliki banyak pilihan dari varian iPhone yang lebih banyak dibandingkan biasanya.

2. Ukuran layar baru

RumorÂmengungkapÂbahwaÂvarianÂdasar, kemungkinan dijuluki iPhone 12 Mini akan memiliki layar 5,4 inci. Sedangkan model berikutnya,Âdisebut iPhone 12Âdiperkirakan memiliki layar 6,1 inci.

Lalu ada iPhone 12 Pro, yang mungkin juga berukuran 6,1 inciÂnamunÂdengan spesifikasi yang lebih baik. Terakhir adalahÂiPhone 12 Pro MaxÂyang dirumorkanÂmemiliki layar 6,7 inci.

Sebagai perbandingan, iPhone 11 memiliki layar 6,1 inci, iPhone 11 Pro 5,8 inci, dan iPhone 11 Pro Max 6,5 inci.

Jadi jika rumornya benar,Âmaka Apple akan meluncurkan iPhone terbesar yang pernah ada dengan iPhone 12 Pro Max 6,7 inci, dan iPhone denganÂlayarÂterkecil dalam beberapa tahun dengan iPhone 12 Mini 5,4 inci.

3. Dua pilihan yang lebih murah

Model iPhone tambahan juga berarti harus ada dua opsi yang relatif murah untuk dipilih. iPhone 11 hanya memiliki 1 ponsel murah pada 2019.

Tahun ini, diperkirakan ada iPhone 12 Mini dan iPhone 12Âakan memiliki harga yang paling minimalis. iPhone ini akan menjadi pilihan bagi siapa saja yang tidak membutuhkan spesifikasi atau tidak mampu membeli varian Pro.

Beberapa kebocoran bahkan menunjukkan bahwa iPhone 12 Mini bisa mulai dari hanyaÂUS$649Âatau sekitar Rp9,5 juta.

4. Cipset baru

Apple akan melengkapi iPhone dengan chipset A14 Bionic, yang telah dibenamkan di iPad Air 4 (2020). Hasil benchmark awal chipset ini menunjukkan 20 persen lebih cepat daripada A13 Bionic yang berada di iPhone 11.

5. Warna Baru

Warna baru unik iPhone telah terbukti sangat menarik perhatian pembeli. iPhone 11 yang hadir dengan warna baru hijau laku di pasaran. Kali ini iPhone 12 kemungkinan akan mendapatkan dua warna baru, yaitu navy blue atau dark blue shade

Namun, beberapa rumor menyatakan warna ini hanya tersedia bagi iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max. Namun ada pula kemungkinan varian iPhone 12 dan iPhone 12 Mini mendapatkan warna baru yang berbeda.

6. Layar 120Hz

Masih banyak rumor terkait varian iPhone 12 mana yang akan mendapatkan layar 120 Hz. Namun yang terbaru dikabarkan layar 120 Hz hanya tersedia di varian iPhone 12 Pro Max.

Refresh rate 120Hz dapat membuat gerakan terasa lebih mulus, sehingga berinteraksi dengan ponselÂsecara keseluruhan terasa lebih mulus dan lebihÂcepat.ÂLayar 120Hz ini telah luas digunakan oleh berbagai ponsel Android, namun belum ada satu punÂiPhone yang menggunakan fitur ini.

7. Pemindai LiDAR

Satu fitur besar baru yang dikabarkan untuk jajaran iPhone 12 adalah kehadiran pemindai LiDAR (Light Detection and Range. Walaupun begitu, fitur ini juga kemungkinan tak tersedia untuk seluruh varian iPhone, mungkin hanya di iPhone 12 Pro Max atau di kedua varian iPhone 12 Pro.

Pemindai LiDAR adalah fitur yang telah ada di iPad Pro 2020. Fitur ini pada dasarnya adalah metode lanjutan untuk menilai kedalaman dan jarak yang memungkinkan mode potret yang lebih baik dan pengalaman augmented reality pada iPhone 12.

8. iPhone 5G pertama

Ponsel 5G telah menjadi tren baru bagi para vendor. Akan tetapi, sejauh ini belum ada iPhone yang memiliki ponsel 5G. Meski jaringan 5G belum ada di Indonesia, ponsel yang mendukung 5G membawa kecepatan internet tinggi di negara-negara yang memiliki jaringan 5G.

Sebagian besar rumor menunjukkan bahwa setiap model utama akan mendukung 5G,Âmeskipun mungkin ada beberapa versi 4G juga.ÂDilansir dariÂTech Radar, penambahan 5G akan memungkinkan pengguna untuk memanfaatkan kecepatan data seluler secepat mungkin.

(jnp/DAL)
[Gambas:Video CNN]