Tontowi Ahmad di Mata Liliyana Natsir

Tontowi Ahmad di Mata Liliyana Natsir

Terbaiknews - Tontowi Ahmad di Mata Liliyana Natsir. (Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Jakarta -

Liliyana Natsir memberikan testimoni buat Tontowi Ahmad, mantan pasangannya di nomor ganda campuran bulutangkis, yang baru mengumumkan pensiun.

Liliyana Natsir menjadi pasangan Tontowi Ahmad selama kurang lebih delapan tahun. Hal pertama yang disebut Liliyana ketika ditanya soal sosok Tontowi adalah sabar. Owi, sapaan Tontowi, juga dipuji pekerja keras dan mampu beradaptasi.

"Owi (Tontowi) itu sabar. Mungkin selama pasangan sama dia, saya tempramental tapi dalam arti positif, saya nggak mau kalah. Saya terbawa suasana kalau (pukulan) dia nyangkut atau apa, saya menunjukkan ekspresi kecewa," kata Liliyana kepada Badmintonindonesia.org.

"Nah Owi selama ini bisa sabar, dia sudah paham, cik Butet nggak maksud kayak gitu, spontan aja karena sama-sama pengin menang. Mungkin nggak semua atlet dan partner bisa seperti Owi yang bisa nyesuain dengan keadaan," lanjutnya.

Liliyana memiliki karakter tegas dan kadang keras walaupun tidak bemaksud marah. Itu tercermin pula dari cara bicaranya, mirip dengan sang pelatih, Richard Mainaky. Hal itu disebut bikin Owi butuh waktu untuk beradaptasi sampai bisa fokus lagi.

"Selama ini di luar orang lihat cik Butet gimana ke Owi, tapi di luar itu kami kompak, sering ngobrol, bahas permainan. Apapun hasil yang kami dapat, kami pasti evaluasi, nggak diem-dieman, ini resep ampuh buat pemain ganda," kata Liliyana.

"Pemain ganda itu yang penting komunikasi, jangan saling menyalahkan, wajar kalau orang emosi habis kalah, tapi dikomunikasikan ke pasangan main, tadi apa kurangnya dari kita berdua? Dari saya apa dari dia apa?" lanjutnya.

Sejumlah prestasi didapatkan pasangan Tontowi/Liliyana. Tapi ada pula masa-masa suram yang mereka jalani berdua, seperti kegagalan total tanpa medali di Olimpiade London 2012. Tapi bukan itu masa terberat mantan penghuni takhta rangking satu dunia tersebut. Bangkit dari keterpurukan minim gelar di tahun 2015 dan awal 2016 adalah tantangan terberat mereka.

(Selanjutnya: Tontowi/Liliyana kompak ditempa masa-masa sulit)

Selanjutnya
Halaman
12
E:pagging-longstory
tontowi ahmadliliyana natsirbulutangkistontowi ahmad pensiun