Inilah Para Pencatat Hat-trick Juara pada Tiga Turnamen di Thailand

Inilah Para Pencatat Hat-trick Juara pada Tiga Turnamen di Thailand

Terbaiknews - INDOSPORT.COM - Bertanding dalam 15 laga selama tiga pekan jelas bukan hal mudah. Inilah yang...

INDOSPORT.COM - Bertanding dalam 15 laga selama tiga pekan jelas bukan hal mudah. Inilah yang dilakukan oleh beberapa pebulutangkis kelas dunia yang turun di Asian Leg. Tiga turnamen digelar secara beruntun dalam tiga pekan di Impact Arena, Bangkok, Thailand.

Rangkaian turnamen dimulai dengan Yonex Thailand Open (12-17 Januari 2021), lalu Toyota Thailand Open (19-24 Januari 2021), dan ditutup dengan BWF World Tour Finals (27-31 Januari 2021).

Sudah pasti fisik para pemain dituntut prima untuk bisa melewati tiga pekan yang sangat melelahkan ini. Tetapi, tak kalah penting adalah mental para pemain. Menjaga fokus di tengah persaingan yang sangat ketat jelas tidak mudah.

Beberapa pemain berhasil mencatat prestasi luar biasa. Lima pemain selalu berhasil sampai ke babak final di tiga turnamen tersebut.

Mereka adalah Viktor Axelsen (Denmark) di nomor tungggal putra, Carolina Marin (Spanyol) dan Tai Tzu Ying (Taiwan) di nomor tunggal putri, Lee Yang/Wang Chi-Lin (Taiwan) di nomor ganda putra, dan Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai (Thailand) di nomor ganda campuan.

Dari 5 pemain/pasangan tersebut, dua di antaranya bahkan berhasil mencatat hat-trick, artinya menjuarai tiga turnamen tersebut. Mereka adalah Lee Yang/Wang Chi-Lin dan Puavaranukroh/Taerattanachai.

Lee/Wang meraih gelar ketiga setelah menundukkan pasangan dari Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan pada babak final BWF World Tour Finals 2020, Minggu (31/1/2021).

Lee/Wang mengalahkan Ahsan dalam pertarungan ketat selama dua gim, 21-17, 23-21. Hasil ini juga memastikan mereka memenangi 15 laga selama di Thailand.

© Shi Tang/Getty Images
Inilah Para Pencatat Hat-trick Juara pada Tiga Turnamen di ThailandGanda putra asal Thaiwan, Lee Yang/Wang Chi-Lin.

Sementara itu, Puavaranukroh/Taerattanachai meraih gelar ketiga setelah menundukkan Seo Seung Jae/Chae Yujung (Korea Selatan) dengan 21-18, 8-21, 21-8.

Namun, pasangan Thailand ini sempat kehilangan satu pertandingan pada babak penyisihan grup BWF World Tour Finals. Pada laga kedua babak penyisihan grup, mereka kalah 17-21, 17-21 dari Seao Sung Jae/Chae Yujung. Hasil final ini menjadi pembalasan sempurna atas kekalahan tersebut.

Viktor Axelsen dan Carolina Marin juga punya kesempatan besar untuk mencatat hat-trick juara di Thailand. Marin bertemu untuk kali ketiga dalam laga final dengan Tai Tzu Ying.

Menang pada dua laga final Thailand Open, Marin akhirnya harus mengakui keunggulan Tai Tzu Ying. Hari ini Marin kalah 21-14, 8-21, 19-21.

Selama di Thailand, Marin kalah dua kali. Satu kekalahan lagi dia dapatkan saat bertemu An Se Young (Korea Selatan) pada babak penyisihan grup BWF World Tour Finals 2020.

Viktor Axelsen nyaris sempurna. Ayah satu putri ini lolos ke final BWF World Tour Finals dengan bekal 14 kemenangan selama laga di Thailand. Namun, rekan senegaranya, Anders Antonsen, yang akhirnya menjegal Axelsen.

Pada laga final yang berlangsung selama 60 menit, Antonsen menang dengan 21-16, 5-21, 21-17.

Satu-satunya nomor yang menghadirkan juara berbeda pada tiga turnamen di Thailand adalah ganda putri. Pasangan ganda putri Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu, menjadi juara Yonex Thailand Open.

Dua turnamen berikutnya selalu dimenangi dpasangan ganda putri Korea Selatan, yaitu Kinm So Yeong/Kong Hee Yong dan Lee So Hee/ Shin Seung Chan.