China Tatap Olimpiade Tokyo, Lin Dan Sampaikan Harapan Khusus

China Tatap Olimpiade Tokyo, Lin Dan Sampaikan Harapan Khusus

Terbaiknews - INDOSPORT.COM – Legenda bulutangkis ChinaLin Danmenyampaikan harapan khusus untuk...

INDOSPORT.COM – Legenda bulutangkis China, Lin Dan, menyampaikan harapan khusus untuk negaranya yang sedang bersiap menuju Olimpiade Tokyo tahun 2021.

China menghadapi tantangan berat di dalam mempersiapkan Olimpiade Tokyo yang ditangguhkan pada musim panas 2021 mendatang. Jika bukan karena pandemi, Olimpiade itu sedianya sudah dihelat pada Juli – Agustus tahun ini.

Bagaimana tidak berat, China, terutama di sektor bulutangkis, diharapkan bisa mengulangi kejayaan di Olimpiade London 2012 silam. Sementara pada Olimpiade Rio 2016, performa tim Negeri Tirai Bambu mendadak menurun.

Harapan China kian memudar kala tunggal putra andalan mereka, Lin Dan tak mampu lagi mencapai performa terbaiknya sampai akhirnya dia memutuskan gantung raket pada Juli 2020 kemarin.

Lin Dan menyadari kepergian dirinya membawa dampak besar bagi tim bulutangkis negaranya. Namun, dia tetap berharap tim mampu mempertahankan tekad dan fokus pada turnamen nanti.

“Ketika saya memikirkan Lin Dan, saya memikirkan bulutangkis,” ujar Lin Dan dilansir dari 360 Badminton.

“Saya berharap tim dapat mempertahankan tekad dan fokus mereka sebanyak mungkin tidak peduli sesulit apa tantangan yang mereka hadapi nanti, dan berusaha untuk mencapai hal yang baik di Olimpiade,” lanjutnya.

Tak bisa memungkiri, Lin Dan memang selalu jadi tumpuan tiap kali China mengirimkan tim bulutangkis ke pesta olahraga empat tahunan ini.

Di level individu, Lin Dan tela dua kali mengantongi medali emas Olimpiade, pada edisi 2008 dan 2012. Ini menjadikan dirina sebagai satu-satunya tunggal putra yang mampu mempertahankan medali emas Olimpiade.

Lin Dan meraih medali emas Olimpiade pertamanya di Beijing, China, pada2008.Lin Dan melawan rival sekaligus sahabatnya sendiri, Lee Chong Wei, dari Malaysia di partai puncak. Lin Dan mendominasi pertandingan dan menang dalam dua gim langsung dengan skor 21-12 dan 21-8.

Emas kedua diraih Lin Dan kala tampil di Olimpiade Lodon 2012. Lin Dan mampu mencapai final dan berhadapan dengan Chong Wei lagi. Lin Dan mengalahkan Chong Wei dalam rubber gim, yang berakhir dengan skor 15-21, 21-10, dan 21-19.