Dampak Ekonomi Global, Pasar Sepeda Motor Nasional 2019 Alami Stagnan

Dampak Ekonomi Global, Pasar Sepeda Motor Nasional 2019 Alami Stagnan

Terbaiknews - Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) mengungkapkan bahwa penjualan kendaraan roda dua...

Asosiasi Industri Sepeda Motor IndoneSia (AISI) mengungkapkan bahwa penjualan kendaraan roda dua sePANjang 2019 mengalami stagnan.

"Kami mendapatkan data penjualan sebesar 6,48 juta unit. Sedikit di bawah 6,5 juta," jelas Johannes Loman, Ketua UMUm AISI, di JIExpo Kemayoran, Jakarta Utara, baru-baru ini.

Tidak bertumbuhnya pasar roda dua di Indonesia, menurut Johannes Loman karena memang kondisi ekonomi dunia tidak ada perubahan. Dengan demikian, kalau pasar dalam negeri tidak berubah sebenarnya sah-sah saja.

Dampak Ekonomi Global, Pasar Sepeda Motor Nasional 2019 Alami Stagnan
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto melihat motor saat pembukaan Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2018 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta. Sebagai ilustrasi pasar otomotif roda dua [Suara.com/Muhaimin A Untung]

Oleh karena itu, saat berbicara projeksi pasar roda dua untuk 2020, Johannes Loman mengaku tidak akan ada perubahan.

"Target tahun ini sama seperti tahun lalu, yaitu 6,4 juta unit," terangnya.

Sedangkan untuk urusan ekspor, Johannes Loman mengaku Indonesia sudah melepas sebanyak 800 ribu kendaraan utuh atau Completely Built-Up (CBU) ke beberapa negara tetangga. Tahun ini, diperkirakan bisa naik sedikit dibanding tahun lalu.

"Ekspor tahun lalu itu 800 ribulah. Saya kira satu juta bisa tercapai pada 2020 ini. Satu juta itu CBU, sebetulnya ekspor anggota kami ada komponen juga. Komponen itu juga seperti mesin atau seperti frame (rangka) yang nilainya cukup besar," tutup Johannes Loman.

Source : https://www.suara.com/otomotif/2020/01/17/170000/dampak-ekonomi-global-pasar-sepeda-motor-nasional-2019-alami-stagnan