Pertamina Bangun Pabrik Baterai, Motor Listrik Siap Mengaspal! 

Pertamina Bangun Pabrik Baterai, Motor Listrik Siap Mengaspal! 

Terbaiknews - JakartaIDN Times - Era kendaraan listrik sudah di depan mata. PT Pertamina pun mulai memasang...

Jakarta, IDN Times - Era kendaraan listrik sudah di depan mata. PT Pertamina pun mulai memasang kuda-kuda dengan bersiap produksi baterai untuk motor listrik.

"Switch (pindah) jadi kendaraan listrik di Indonesia akan lebih cepat di motor, karena jumlahnya sangat besar dan relatif lebih dimungkinkan masyarakat untuk bisa convert (mengubah) jadi motor listrik," kata Direktur Utama PT Pertamina Power Indonesia, Heru Setiawan, seperti dikutip dari ANTARA, Selasa (2/2/2021).

1. Pabrik baterai akan beroperasi 2025

Pertamina Bangun Pabrik Baterai, Motor Listrik Siap Mengaspal! (Motor listrik buatan anak bangsa ditandatangani Presiden Jokowi) Instagram.com/bambang.soesatyo

Heru mengatakan pabrik sel baterai ditargetkan rampung pada 2025. Sambil menunggu pembangunan pabrik rampung, Pertamina akan mengimpor sel baterai untuk memproduksi battery pack.

Battery pack tersebut nantinya akan digunakan untuk motor listrik. Dengan begitu akselerasi kendaraan listrik di tanah air akan semakin cepat.

"Battery cell-nya diimpor dalam jumlah terbatas sebagai introduction product (produk perkenalan), dan kita buat baterai untuk motor," katanya.

2. Kapasitas pabrik baterai mencapai 140 GWh

Pertamina Bangun Pabrik Baterai, Motor Listrik Siap Mengaspal! e-viar.com

Heru mengatakan kapasitas pabrik sel baterai ditargetkan mencapai 140 GWh berdasarkan potensi nikel di hulu yang mencapai 15 juta ton per tahun.

Produksi sel baterai diharapkan bisa masuk rantai pasok global dan disuplai ke produsen mobil listrik di Eropa, Amerika dan Asia Pasifik.

"Tentu kita akan berpartispasi juga dengan technology provider yang memang sudah menguasai teknologi sekaligus market-nya sehingga ada transfer teknologi dengan kerja sama ini," katanya.

3. Sel baterai akan diproduksi di dalam negeri

Pertamina Bangun Pabrik Baterai, Motor Listrik Siap Mengaspal! Green Energy Station, Pertamina (Dok. Pertamina)

Heru berharap pabrik sel baterai nantinya bisa memenuhi pasar kendaraan listrik dalam negeri.

Untuk itu Pertamina juga akan menggandeng pihak lain untuk mendukung produksi baterai listrik untuk motor.

"Pertamina akan inisiasi. Kita ajak partisipasi yang lain supaya bisa lebih masif di produksinya," ujarnya.

Berita dengan kategori