Jangan Menghina Rem Tromol, Ini 3 Kelebihannya Dibanding Rem Cakram!  

Jangan Menghina Rem Tromol, Ini 3 Kelebihannya Dibanding Rem Cakram!  

Terbaiknews - JakartaIDN Times - PT Yamaha Indonesia Moror Manufacturing (PT YIMM) baru saja merilis All New...

Jakarta, IDN Times - PT Yamaha Indonesia Moror Manufacturing (PT YIMM) baru saja merilis All New Aerox 155. Desain, fitur, serta teknologi yang disematkan ke dalam motor ini memang kece banget.

Tapi...sayangnya rem belakang All New Aerox 155 masih menggunakan rem tromol. Banyak yang bertanya kenapa Yamaha masih menggunakan sistem pengereman lawas tersebut.

Yamaha beralasan rem tromol digunakan untuk mengejar power weight rasio terbaik. Selain itu, meski rem tromol sudah tergolong kuno, tapi punya beberapa kelebihan dibandingkan rem cakram, loh.

Nah, berikut kelebihan rem tromol.

1. Rem tromol lebih awet dari rem cakram

Jangan Menghina Rem Tromol, Ini 3 Kelebihannya Dibanding Rem Cakram!  Ilustrasi Rem Tromol (IDN Times/Dwi Agustiar)

Salah satu keuntungan utama dari rem tromol adalah jenis rem ini menyediakan kontak lebih besar antara sepatu rem dan tromol. Ini memungkinkan rem tromol memberikan daya pengereman lebih besar daripada rem cakram yang setara.

Karena kontak sepatu rem dan tromol lebih besar, maka daya pengereman tersebar lebih luas dan bisa membuat rem tromol bertahan lebih lama dibandingkan rem cakram dengan diameter serupa.

2. Rem tromol lebih gampang perawatannya

Jangan Menghina Rem Tromol, Ini 3 Kelebihannya Dibanding Rem Cakram!  Ilustrasi Rem Tromol (IDN Times/Dwi Agustiar)

Rem tromol didesain tertutup. Desain ini berbeda dengan rem cakram yang sistemnya berdesain terbuka. Implikasi dari perbedaan tersebut adalah kotoran dari jalanan tak mudah menempel di rem tromol. Sementara komponen rem cakram lebih mudah terpapar partikel kotor dari jalan.

Rem tromol memiliki desain dengan sebagian besar komponennya ditahan oleh spring tension. Karena desainnya ini, proses perawatan rem tromol lebih sederhana. Sepatu remnya bahkan bisa diganti dalam waktu kurang dari sepuluh menit setelah tromol dilepas.

3. Biaya perawatannya lebih murah

Jangan Menghina Rem Tromol, Ini 3 Kelebihannya Dibanding Rem Cakram!  Ilustrasi Kampas Rem (IDN Times/Dwi Agustiar)

Keuntungan lain menggunakan rem tromol adalah biaya produksinya lebih murah dibanding rem cakram. Ini berimbas pada harga jual kendaraan yang bakal lebih murah dari kendaraan yang menggunakan rem cakram.

Biaya perawatan rem tromol juga relatif lebih murah. Sebabnya karena rem tromol tidak mudah berkarat dan proses perawatan atau perbaikannya lebih mudah. Jadi, meski teknologinya sudah relatif lawas, namun rem tromol itu masih layak dipakai, kok!