Tiga Orang Positif Covid-19 Lolos Naik Pesawat, Tim Gugus Tugas: Ini Bukan yang Pertama Kali

Tiga Orang Positif Covid-19 Lolos Naik Pesawat, Tim Gugus Tugas: Ini Bukan yang Pertama Kali

Terbaiknews - KOMPAS.com - Tim Gugus Tugas penganangan Covid-19 Sumatera Barat kembali menemukan tiga orang...

KOMPAS.com - Tim Gugus Tugas penganangan Covid-19 Sumatera Barat kembali menemukan tiga orang penumpang pesawat yang dinyatakan positif corona.

Hal itu diketahui setelah para penumpang yang mendarat di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) dilakukan tes swab oleh petugas.

"Hari ini terkonfirmasi ada tiga penumpang pesawat yang positif Covid-19 setelah jalani tes swab di BIM," kata Juru Bicara Tim Gugus Tugas Covid-19 Sumbar, Jasman Rizal yang dihubungi Kompas.com, Kamis (17/9/2020).

Tiga Orang Positif Covid-19 Lolos Naik Pesawat, Ketahuan Saat Mendarat di Bandara Minangkabau

Menurut Jasman, orang berstatus positif Covid-19 lolos naik pesawat terbang sudah seringkali terjadi.

Menurutnya, kondisi tersebut terjadi karena syarat penumpang untuk naik pesawat hanya berbekal hasil rapid test dan bukan bebas corona.

"Sudah ada beberapa kejadian sebelumnya. Jadi hari ini bukan yang pertama kalinya," kata Jasman.

Melihat tingginya potensi penularan virus dari penumpang pesawat itu, Pemprov Sumbar, akhirnya memutuskan untuk melakukan pemeriksaan kembali di bandara.

Gara-gara Satu Penumpang Garuda Positif Corona Lolos Pemeriksaan, 90 Orang Dikarantina

Setiap penumpang yang mendarat di bandara tersebut meski sudah mengantongi hasil rapid test tetap akan dilakukan tes swab secara gratis.

"Jadi yang datang ke Sumbar kita saring lagi. Kendati telah rapid test, kita akan uji lagi tes swab. Ini gratis," jelas Jasman.

Sementara itu dari pemberitaan Kompas.com, kasus penumpang pesawat positif corona sebelumnya juga pernah terjadi di Bandara Supadio Pontianak.

Penumpang Pesawat Positif Corona Saat Tiba di Pontianak, Gubernur Kalbar: Ini Menunjukkan Jeleknya Pengawasan di Bandara

Akibat adanya temuan kasus itu, Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji mengaku akan menyiapkan sanksi larangan terbang terhadap maskapai yang bersangkutan.

“Saya juga sedang siapkan sanksi terhadap satu penerbangan karena membawa satu penumpang positif corona,” ucap Sutarmidji, Jumat (17/9/2020).

Penulis : Perdana Putra, Hendra Cipta | Editor : Aprillia Ika, Teuku Muhammad Valdy Arief