Tanggul 2 Sungai Jebol, Sejumlah Desa di Jombang Dilanda Banjir

Tanggul 2 Sungai Jebol, Sejumlah Desa di Jombang Dilanda Banjir

Terbaiknews - JOMBANG- Tanggul pada 2 aliran sungai di Kabupaten JombangJawa Timurjebol dan menyebabkan...

JOMBANG, - Tanggul pada 2 aliran sungai di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, jebol dan menyebabkan banjir di sejumlah desa, Kamis (4/2/2021).

Desa-desa yang dilanda akibat jebolnya tanggul Sungai Afvour Besuk dan Sungai Afvour Brawijaya, yakni Desa Banjarsari, Gondangmanis, Brangkal, serta Desa Pucangsimo, Kecamatan Bandar Kedungmulyo.

Camat Bandar Kedungmulyo, Mahmudi mengatakan, pada Kamis dini hari hinga pagi, ada lima titik tanggul jebol pada dua aliran sungai yang melintasi wilayah Bandar Kedungmulyo.

Jebolnya tanggul, ungkap dia, menyebabkan air meluber ke persawahan hingga permukiman penduduk, di beberapa desa yang berdekatan dengan sungai.

Banjir Bandang Terjang Jombang, Warga: Ini yang Paling Parah

"Ada beberapa titik, pertama di Desa Mojokambang, Plosorejo (Desa Bandar Kedungmulyo), Gondangmanis, Krapak, kemudian di Desa Brangkal. Ada lima titik (tanggul jebol)," kata Mahmudi, saat meninjau lokasi banjir di Desa Gondangmanis.

Dia mengungkapkan, akibat tanggul Sungai Afvour Besuk dan Brawijaya jebol, air sungai meluber memasuki areal persawahan dan permukiman penduduk.

Untuk menangani banjir yang melanda beberapa desa, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Pemkab Jombang untuk secepatnya menambal tanggul yang jebol.

"Kami sudah berkoordinasi dengan BPBD dan Dinas PUPR Kabupaten Jombang untuk menangani tanggul yang jebol," ujar Mahmudi.