Sulut Kembali Catatkan Rekor Penambahan Kasus Covid-19, Diduga akibat Libur Akhir Tahun

Sulut Kembali Catatkan Rekor Penambahan Kasus Covid-19, Diduga akibat Libur Akhir Tahun

Terbaiknews - MANADOKOMPAS.com- Provinsi Sulawesi Utara kembali mencatatkan rekor penambahan kasus orang yang...

MANADO, KOMPAS.com- Provinsi Sulawesi Utara kembali mencatatkan rekor penambahan kasus orang yang terjangkit virus corona.

Pada hari ini, Rabu (20/1/2021), tercatat ada 234 kasus baru Covid-19.

"Ini merupakan rekor penambahan kasus tertinggi harian. Sebelumnya rekor tertinggi terjadi di tanggal 18 Desember 2020 sebanyak 202 kasus," kata Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Sulut, Steaven Dandel, seperti dikutip dari rilis tertulis, Rabu.

Ini Penyebab Cuaca Ekstrem di Sulut, Warga Diminta Waspada Bencana

Berdasarkan analisa Satgas Covid-19 Sulawesi Utara, penambahan harian ini terjadi karena dampak transmisi selama libur Natal dan Tahun Baru.

Hal ini bisa terlihat dari sebaran kasus yang cukup meluas ke kabupaten yang sebelumnya minim kasus, seperti Kabupaten Bolaang Mongondow Utara dan Kabupaten Kepulauan Talaud.

"Peningkatan kasus yang cukup signifikan di dua daerah ini, bisa terkorelasi dengan mobilisasi penduduk yang mudik selama liburan ini," jelas Steaven.

Menurut Steaven, kasus-kasus yang diumumkan hari ini adalah mereka yang diambil sampelnya pada pekan pertama dan kedua Januari 2021.

"Sehingga bila ditarik kronologis sesuai masa inkubasi Covid-19 yakni 7 sampai 14 hari, maka infeksi pada kasus yang terlapor hari ini terjadi selama periode liburan ini," katanya.

Cuaca Ekstrem di Sulut, Air Naik ke Permukiman Warga di Sangihe

Dengan penambahan tersebut, maka total kasus konfirmasi positif Covid-19 di Sulawesi Utara menjadi 11.838 orang.

"Rinciannya, pasien aktif atau masih dalam perawatan 3.091 orang, 8.381 orang dinyatakan sembuh, dan 367 orang meninggal dunia," sebut Steaven.