Panen padi jaga ketahanan pangan saat pandemi COVID-19

Panen padi jaga ketahanan pangan saat pandemi COVID-19

Terbaiknews - Manado (ANTARA) - Ketua Majelis Pekerja Harian (MPH) Persatuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) Olly...

Manado (ANTARA) - Ketua Majelis Pekerja Harian (MPH) Persatuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) Olly Dondokambey SE saat diundang Kelompok Tani Kakas Raya panen padi varitas lokal superwin dengan luas lima hektare mengatakan, panen padi jaga ketahanan pangan saat pandemi COVID-19.
"Ini juga akan berdampak baik pada perekonomian petani, seperti panen ini sebanyak 11,2 ton gabah kering yang akan menghasilkan sekitar enam ton beras. Jadi dalam sebulan bisa sampai Rp20 juta," jelas Olly yang pada panen ini secara simbolis mengoperasikan mesin perontok padi saat memanen.
Menariknya padi yang dipanen ini adalah padi yang ditanam Olly dilahan tersebut.
"Padi ini ditanam oleh pak Olly dengan masa waktu 107 hari, dan hari ini pak Olly yang memanennya. Dan hal ini membuktikan kepedulian pak Olly mulai dari menanam sampai panen," ungkap Ketua Tim Kelompok Tani Pdt Lucky Rumopa MTh.
Bupati Kabupaten Minahasa Ir Royke O Roring yang hadir bersama Ketua TP PKK Ny Nining Roring-Lumanauw, mengucapkan terima kasih karena panen padi ini akan berdampak pada ketahanan pangan masyarakat Minahasa.
Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Sulut Novly Wowiling mengatakan ini adalah kegiatan panen padi musim tanam kedua bersama kelompok tani yang ada di Kakas Raya.
"Ini dalam rangka memperkuat ketahanan pangan dari aspek keterseadiaan beras di Sulut.
Turut hadir pada kegiatan yang menggunakan protokol kesehatan ini, Ketua DPRD dan Minahasa Glady Kandouw, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Minahasa, dan para kelompok tani se-Kakas Raya.

Berita dengan kategori