Legislator sesalkan Fun Bike Pemkot Palu di masa pandemi COVID-19

Legislator sesalkan Fun Bike Pemkot Palu di masa pandemi COVID-19

Terbaiknews - Palu (ANTARA) - Anggota DPRD Kota Palu Farden Denny Saino mengaku prihatin menyaksikan kegiatan Fun...

Palu (ANTARA) - Anggota DPRD Kota Palu Farden Denny Saino mengaku prihatin menyaksikan kegiatan Fun and Adventure Bike yang digelar Pemerintah Kota Palu, Sabtu (19/9), yang mengumpulkan ribuan pesepeda di tengah pandemi COVID-19 yang mendera bangsa.
"Ini contoh buruk, mengumpulkan ribuan orang di tengah meningkatnya pandemi virus corona di Kota Palu," ujar Farden dalam pesan whatsapp di Palu, Sabtu.
Seminggu terakhir, kata politisi Partai Golkar ini, kita melihat dan mendengar dari berbagai media soal meningkatnya secara drastis pasien terinfeksi virus corona di Kota Palu yang membuat hampir semua elemen masyarakat menjaga dan melaksanakan protokol COVID-19 secara ketat, antara lain menghindari acara-acara yang mengumpulkan massa.
"Tapi sangat menyedihkan, ketika melewati lapangan wali kota pagi ini, ada ribuan orang dikumpulkan di sana. Dalam hati saya bertanya, siapa yang melaksanakan ini? Kok pemerintah tidak bersikap tegas dan membubarkannya?," ujarnya.
Seharusnya, kata Farden yang juga Wakil Ketua DPD Golkar Sulteng itu, saat ini pemerintah kota fokus membantu mencegah penyebaran virus corona yang terus meningkat.
"Kita semua lagi fokus menghadapi penyebaran virus corona, kegiatan bersepeda yang mengumpulkan ribuan orang ini sangat tidak tepat dan belum perlu dilakukan," ujarnya.

Legislator sesalkan Fun Bike Pemkot Palu di masa pandemi COVID-19
Suasana pelepasan peserta Fun and Adventure Bike Pemkot Palu di Lapangan Vatulemo, Sabtu (19/9). (ANTARA/HO-Istimewa)

Ia mengaku khawatir kegiatan ini berpotensi menularkan virus corona dan membuat cluster baru.
Farden yang Ketua Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG) Sulteng itu menyebutkan, dalam zoom meeting AMPG seluruh Indonesia, Jumat (18/9) malam, semua anggota AMPG di Indonesia diinstruksikan untuk membentuk Satgas COVID 19 untuk berperan aktif membantu pemerintah agar tidak terjadi lagi cluster-cluster baru menjelang Pilkada 2020.
"Tapi begitu mirisnya hati ini melihat bahwa pagi ini (Sabtu) ribuan orang kembali dikumpulkan di lapangan wali kota untuk sekedar bersama-sama bersepeda.
Terus terang saya sangat bingung melihat cara pandang pemerintah kita di kota ini," ujar Farden, pencinta dan pembina olah raga sepak bola di Kota Palu itu.
Wali Kota Palu, Hidayat secara simbolis melepas ribuan peserta Palu Fun and Adventure Bike 2020 di Lapangan Vatulemo pada Sabtu (19/9/2020) pagi.
Kegiatan yang dilaksanakan atas kerjasama Pemerintah Kota Palu dan Kopi Gowes Sulawesi Tengah digelar dalam rangka memperingati HUT Kota Palu ke 42 tahun.