IDI Wilayah Kalsel Rayakan Dirgahayu ke 69, Terus Tingkatkan Pemenuhan Tenaga Dokter di Kalsel

IDI Wilayah Kalsel Rayakan Dirgahayu ke 69, Terus Tingkatkan Pemenuhan Tenaga Dokter di Kalsel

Terbaiknews - Perayaan Dirgahayu IDI Wilayah Kalsel ke 69 di Taman Edukasi Banjarmasin 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Permasalahan di dunia kesehatan yang kompleks dan kurang meratanya distribusi tenaga kedokteran di daerah-daerah pelosom Kalimantan Selatan (Kalsel) menjadi fomus perhatian Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Wilayah Kalsel.

Hal ini diungkapkan Ketua IDI Wilayah Kalsel, dr M Rudiansyah SpPD, KGH di sela ucapan perayaan Dirgahayu IDI Wilayah Kalsel ke 69 bertempat di Taman Edukasi Banjarmasin, Rabu (23/10/2019).

"Tenaga dokter masih belum terdistribusi secara merata di Kalsel. Yang masih minim sekali di daerah Tanahbumbu (Tanbu) dan Kotabaru. Dalam hal ini kami siap bersinergi dengan pemerintah terkait merekap atau mendata jumlah tenaga dokter dan.medis," ucapnya kepada Banjarmasinpost.co.id.

Ditambahkannya, pihaknya juga fokus pada pemenuhan tenaga dokter di Kalsel, baik dokter umum, dokter spesialis maupun konsultan.

Baca: Petugas Evakuasi Warga Sakit Stroke, Dua Rumah Rusak Hangus Dilalap Api di Pematang Panjang Gambut

Loading...

Baca: Mapala se-Indonesia Temu Wicara di Malutu HSS, Latihan Panjat Tebing dan Vertical Resceu

Baca: Gelar Operasi Zebra Hari Pertama, Satlantas Polres HST Berikan 52 Surat Tilang

Selain itu menurutnya, adanya aturan-aturan baru yang masih belum bisa disosialisasikan karena masih ada beberapa yang tidak sejalan dengan kondisi di lapangan menjadi hal penting bagi IDI Kalsel.

"Sistem Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang sekatang BPJS saat ini dinilai sangat membantu masyarakat. Tetapi di sisi lain ada kondisi-kondisi tertentu yang harus diperbaiki, meliputi sistem pembayaran, sistem klaim, besaran klaimnya, maupun sistem rujukan dan lainnya yang perlu dikoordinasikan dengan profesi dokter," ucapnya.

Dengan tema IDI untuk Indonesia, Rudiansyah berharap pihaknya dapat membaktikan diri dalam pembangunan di Indonesia khususnya di bidang kesehatan.

"Kami mengharapkan dokter-dokter di IDI Kalsel bisa solid, bersama memecahkan masalah-masalah di dunia kesehatam agar dapat lebih bermanfaat bagi masyarakat Banua," tukasnya. (Banjarmasinpost.co.id/Mariana)

Source :
Loading...