Besok, 5.000 Santri Kirab dan Istighosah di Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin

Besok, 5.000 Santri Kirab dan Istighosah di Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin

Terbaiknews - Istighosah NU 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Momentum Hari Santri Nasional yang jatuh pada 22 Oktober diisi dengan kegiatan bernuansa islami oleh jajaran Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Kalimantan Selatan.

Puncak kegiatan dilaksanakan besok, Kamis (24/10/2019), berupa kirab santri dan istighosah di halaman Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin mulai pukul 07.00 Wita.

Menurut Hafiz Ridha, Ketua Lakpesdam PWNU Kalsel, acara puncak sedang disiapkan sembari terus berkoordinasi dengan semua pihak berwenang maupun terkait dengan jumlah massa sekitar 5.000 orang.

“Peserta terdiri dari pelajar,mahasiswa, santri dari pondok pesantren sekota banjarmasin bersama pengurus NU Kalsel,” ujarnya, Rabu (23/10/2019).

Baca: Ribuan Santri TPA Se-Kabupaten Balangan Ikuti Khataman Alquran Bersama Bupati Ansharuddin

Istigosah, kata dia, menjadi rangkaian penutup peringatan HSN di Kalsel yang akan dilengkapi dengan kirab santri.

Loading...

“Secara rundown acara, insyaallah akan diikuti dan dibuka secara resmi oleh Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor,” imbuhnya.

Hafiz mengungkapkan, kegiatan HSN di Kalsel sendiri sudah dilaksanakan sejak beberapa hari lalu.

Dimulai dengan shalat hajat dan pembacaan shalawat nariyah 1 miliar bertempat di Masjid As"Suada Syeikh Abdul Qadie Hasan UNU Kalsel pada Senin, 21 Oktober pukul 18.00 Wita sampai selesai.

“Sebagaimana arahan dari PBNU dimana semua PW, MWC, Anak Ranting serta ponndok pesantren, majelis taklim sampai kerumah-rumah turut serta berpartisipasi memeriahkannya teruntuk doa agar bangsa kita diberi keselamatan,” imbuh Hafiz Ridha.

Baca: Petugas Evakuasi Warga Sakit Stroke, Dua Rumah Rusak Hangus Dilalap Api di Pematang Panjang Gambut

Apel kebangsaan menjadi momentum bersama meningkatkan kembali ghirrah annahdlhiyyah baik secara struktural maupun kultural warga NU, secara khidmat dilangsungkan pada Selasa, 22 Oktober pukul 08.00 di halaman kampus UNU Kalsel Jl. A. Yani Km 12.500, dipimpin Ketua PWNU Kalsel, H Abdul Haris Makkie yang juga dalam kesehariannya menjabat sebagai Sekdaprop Kalsel.

Dalam paparannya Abdul Haris Makkie menyampaikan begitu pentingnnya menjaga persatuan dan kesatuan dan secara khusus sebagaimana amanat Ketua PBNU "Bahwa agama harus dibela dengan Ilmu pengetahuan".

Apel gabungan dihadiri sekitar 500 peserta terdiri dari Pengurus Wilayah NU Kalsel, Banom, Lembaga/Lajnah, Para mahasiswa dan pelajar serta masyarakat. (Banjarmasinpost.co.id/ernawati)

Source :
Loading...