Sosialisasi Penggunaan Kompor Listrik, Apa Saja Keunggulannya?

Sosialisasi Penggunaan Kompor Listrik, Apa Saja Keunggulannya?

Terbaiknews - PEKANBARU- Dalam rangka menyambut Hari Listrik Nasional pada 27 Oktober 2020PT PLN Unit Induk...

PEKANBARU, - Dalam rangka menyambut Hari Listrik Nasional pada 27 Oktober 2020, PT PLN Unit Induk Wilayah Riau dan Kepulauan Riau (Kepri) mengajak masyarakat beralih menggunakan kompor induksi atau listrik.

Penggunaan kompor listrik ini terus disosialisasikan ke masyarakat.

Sosialisasi dilakukan sejak Jumat (23/10/2020) dan berlangsung hingga Selasa di Mal SKA Kota Pekanbaru, Riau.

Peneliti Temukan Cara Sterilisasi Masker N95 dengan Kompor Listrik, Kok Bisa?

General Manager PLN UIWRKR Dispriansyah mengatakan, sosialisasi penggunaan kompor induksi tidak hanya dilakukan di Pekanbaru, namun juga di daerah lainnya.

"Selain PLN UP3 Pekanbaru, kegiatan yang sama juga dilakukan oleh PLN UP3 Kota Dumai, UP3 Rengat, dan UP3 Tanjung Pinang, Kepulauan Riau," kata Dispriansyahkepada Kompas.com di Pekanbaru, Senin (26/10/2020).

Menurut Dispriansyah, penggunaan kompor listrik lebih ramah lingkungan dan bebas dari polusi.

"Ini merupakan komitmen PLN memasyarakatkan electrifying lifestyle dan mengajak para konsumen PLN maupun seluruh lapisan masyarakat menggunakan alat memasak yang ramah lingkungan seperti kompor induksi ini," kata Dispriansyah.

Konsumen Listrik di Atas 900 VA Diimbau Gunakan Kompor Listrik

Ia mengatakan, selain mendorong energi bersih, penggunaan kompor listrik ini juga untuk mendukung program Pemerintah Provinsi Riau dalam mewujudkan program Riau Hijau.

Konversi ini juga meningkatkan ketahanan energi nasional, karena mengubah penggunaan energi fosil berbasis impor menjadi energi listrik yang sebagian besar sudah bersumber dari energi terbarukan, yang banyak tersedia di alam Indonesia .

Dispriansyah menambahkan, melakukan konversi dari kompor berbahan bakar fosil ke kompor induksi akan meningkatkan konsumsi energi listrik dan energi bersih.

"Pada tahun 2019, penggunaan listrik per kapita baru mencapai 1.084 kilo Watt hour (kWh) per kapita. PLN menargetkan konsumsi listrik per kapita meningkat menjadi 1.142 kWh," sebut Dispriansyah.

Kompor Gas Diganti Kompor Listrik, Akankah Subsidi Lebih Hemat?

Sementara itu, Muhammad Satrio selaku Asisten Analis Pemasaran dan Pelanggan PLN UP3 Pekanbaru menjelaskan keunggulan kompor listrik ini.

"Kompor induksi ini lebih ramah lingkungan dan aman, karena zero polusi. Kemudian, memasak lebih bersih dan nyaman, lebih efektif dan simpel," kata Satrio kepada Kompas.com.