Sempat Dipadamkan PLN, Pemkot Pekanbaru Akhirnya Bayar Tagihan Listrik PJU Rp 9 Miliar

Sempat Dipadamkan PLN, Pemkot Pekanbaru Akhirnya Bayar Tagihan Listrik PJU Rp 9 Miliar

Terbaiknews - PEKANBARU- Lampu penerangan jalan umum (PJU) disejumlah ruas jalan utama di Kota PekanbaruRiau,...

PEKANBARU, - Lampu penerangan jalan umum (PJU) disejumlah ruas jalan utama di Kota Pekanbaru, Riau, dipadamkan pihak PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Pekanbaru.

Hal ini disebabkan karena Pemerintah Kota (Pemkot) telat membayar tagihan listrik PJU satu bulan. Total tagihan PJU sekitar Rp 9 miliar.

Manager PLN UP3 Pekanbaru Himawan Sutanto mengaku bahwa tagihan listrik tersebut telah dibayar oleh Pemkot Pekanbaru melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Pekanbaru selaku pengelola PJU.

"Perlu kami sampaikan bahwa hari ini Alhamdulillah sudah dilakukan pembayaran untuk rekening listrik PJU di Kota Pekanbaru. Jadi, masalah ini sudah selesai," sebut Himawan saat diwawancarai Kompas.com di kantor PLN UP3 Pekanbaru di Jalan DR Setia Budi, Pekanbaru, Selasa (2/2/2021).

Penjelasan PLN soal Lampu PJU Dipadamkan karena Pemkot Pekanbaru Belum Bayar

Terkait kejadian ini, dia berharap ke depannya tidak ada lagi keterlambatan pelanggan dalam pembayaran tagihan listrik.

Himawan menegaskan bahwa hal ini berlaku bagi semua pelanggan PLN.

"Kami mengimbau, semua pelanggan agar dapat melakukan pembayaran rutin mulai tanggal 1 sampai tanggal 20 setiap bulannya. Ini untuk menghindari pemutusan aliran listrik di rumah, perkantoran, tempat usaha dan lainnya," kata Himawan.

Dia menyampaikan, pemadaman listrik tidak hanya dilakukan secara manual. Tetapi, listrik bisa padam secara otomatis jika telat membayar tagihan.

Seperti pemadaman di sejumlah ruas jalan di Pekanbaru, itu dilakukan manual dan ada yang otomatis.

"Saat ini memang PLN lagi mengembangkan teknologi untuk padam otomatis. Memang tidak semua, baru sebagian. Karena teknologinya masih cukup mahal," kata Himawan.

Lampu PJU di Pekanbaru Dipadamkan PLN karena Pemkot Menunggak Bayar

Terpisah, Sekretaris Dishub Pekanbaru Sunarko mengaku persoalan pembayaran tagihan listrik PJU sudah diselesaikan.

Ia menyebutkan, total tagihan yang dibayarkan sebesar Rp 9 miliar.

"Untuk masalah keterlambatan pembayaran tagihan listrik PJU, saat ini sudah kita selesaikan," kata Sunarko saat diwawancarai Kompas.com, Selasa.

Berita dengan kategori