Sekolah di Karawang Siap Berlakukan Belajar Tatap Muka

Sekolah di Karawang Siap Berlakukan Belajar Tatap Muka

Terbaiknews - KARAWANG- Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dusdikpora) Karawang Asep Junaedi...

KARAWANG, - Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dusdikpora) Karawang Asep Junaedi mengungkapkan, sekolah di Karawang siap melakukan belajar tatap muka. Sekolah bakal diterapkan dengan sistem sif dengan penerapan protokol kesehatan.

Asep menyebut SMP, SD, TK, dan Paud di Karawang siap melakukan sekolah tatap muka mulai Januari 2020 sesuai dengan surat keputusan bersama (SKB) empat menteri.

"Tinggal menunggu keputusan dari Pemerintah Daerah (Karawang)," ucap Asep di kantornya, Jalan Surotokunto, Karawang, Selasa (24/11/2020).

Asep menyebut, sekolah yang menggelar tatap muka harus menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

27 ASN Karawang Terpapar Covid-19, Sebagian Pegawai Bekerja dari Rumah

Di antaranya pemakaian masker, penerapan jaga jarak, dan penyiapan termometer tembak.

Satu bangku akan diisi satu siswa. Durasi pembelajaran setiap mata pelajaran pun dikurangi, dari sebelumnya 40 menit menjadi 20 menit.

"Sekolahnya bergantian. Misal Senin kelas VII, Selasa kelas VIII. Tujuannya agar yang berangkat tidak bertemu dengan yang pulang," ujar Asep.

Sekolah yang menggelar belajar tatap muka juga harus memperoleh izin orangtua. Hal ini sekaligus sebagai kontrol terhadap siswa saat berangkat dan pulang kembali ke rumah.

"Nanti ada ceklis saat berangkat dan pulang ke rumah. Ini salah satu kendala tapi bisa dikomunikasikan antara orangtua dan sekolah," ucapnya.

Sebenarnya, kata Asep, beberapa sekolah dasar sudah melakukan sekolah tatap muka dengan persetujuan dari gugus tugas kecamatan.