Pertamina Dumai Pastikan Operasi Kilang Minyak Normal

Pertamina Dumai Pastikan Operasi Kilang Minyak Normal

Terbaiknews - Dumai (ANTARA) - Terkait pandemi Virus Corona (Covid-19)Pertamina RU II Dumai tetap menjalankan...

Dumai (ANTARA) - Terkait pandemi Virus Corona (Covid-19), Pertamina RU II Dumai tetap menjalankan kewaspadaan dalam mengoperasikan kilang minyak Putri Tujuh Dumai dan Sungai Pakning Provinsi Riau secara normal.
Humas Pertamina RU II Brasto Galih Nugroho mengatakan bahwa operasional kilang minyak tetap dalam kondisi normal dan menjaga komitmen dalam memenuhi hingga 20 persen kebutuhan energi nasional.
"Dengan kapasitas produksi optimal sebesar 170 MBSD (ribu barrel stream day), kilang Dumai dan Sungai Pakning tetap beroperasi secara normal," kata Brasto, Rabu.
Dijelaskan, ada penyesuaian terkait pola kerja khususnya di area perkantoran namun terkait operasional kilang tetap berjalan seperti biasa.
Pola kerja Pertamina RU II Dumai disesuaikan juga dengan mengikuti arahan Presiden Jokowi dalam rangka meningkatkan kewaspadaan di tengah persebaran Covid-19, yaitu dengan menerapkan kebijakan bekerja di rumah atau work from home untuk beberapa bidang kerja yang bisa dilakukan di rumah.
Namun pola kerja di rumah ini tetap memperhatikan jadwal kerja secara profesional dan dilaksanakan guna mendukung program pemerintah dalam mengurangi resiko penyebaran Covid-19.
"Bagi pekerja dan mitra kerja di bidang yang terkait langsung dengan operasional kilang, jam kerja tetap normal dengan pembagian tiga jadwal untuk memantau operasional kilang sepanjang 24 jam sehari," ujarnya.
Upaya mitigasi juga dilakukan ke para pekerja dan mitra kerja dengan pemeriksaan kesehatan harian, penggunaan set pakaian keselamatan anti kontaminasi, pembagian vitamin hingga pengecekan suhu tubuh menggunakan thermometer elektronik saat memasuki area kerja Pertamina.
“Hand sanitizer juga disediakan di banyak titik area perkantoran, sejumlah kegiatan melibatkan banyak orang juga ditunda demi mencegah penyebaran Covid-19 ini," sebut Brasto.
Pengukuran suhu tubuh juga dilakukan terhadap masyarakat yang keluar maupun masuk area komplek perumahan Pertamina RU II di Kelurahan Bukit Datuk sebagai upaya pengingat ketika suhu tubuh mencapai angka yang membutuhkan pengecekan dan perawatan lebih lanjut.
"Kegiatan masyarakat di sejumlah pusat keramaian seperti Danau Telaga Tirta dan Kolam Renang Sasana Tirta juga dibatasi, dan kita mengimbau semua agar beraktivitas di rumah untuk kebaikan bersama dalam menghadapi Covid-19," demikian Brasto.
RSUD Puri Husada Tembilahan batasi kunjungan pengunjung, begini alasannya
Pertamina pastikan BBM dan elpiji di Riau aman di tengah terpaan COVID-19
Ahli ITB sebut "green coke" Pertamina Dumai bukan limbah B3 dan aman lingkungan