Puncak Bogor Longsor,  Jalur ke Puncak Pass Lumpuh dari Dua Arah

Puncak Bogor Longsor, Jalur ke Puncak Pass Lumpuh dari Dua Arah

Terbaiknews - KABUPATEN BOGOR- Bencana tanah longsor menerjang Kawasan Puncak BogorJawa Barat pada Minggu...

KABUPATEN BOGOR, - Bencana tanah longsor menerjang Kawasan Puncak Bogor, Jawa Barat pada Minggu (10/1/2021) sekitar pukul 23.30 WIB.

Kasi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, M Adam Hamdani mengatakan bahwa bencana longsor itu terjadi tepatnya di Desa Tugu Selatan, Cisarua atau di antara jalur tikungan Riung Gunung.

"Longsornya di Bedengseng, Riung Gunung, jadi di perkebunan teh gitu sih. Antara Riung Gunung dan Masjid Atta'awun," kata Adam, saat dihubungi Kompas.com, Senin (11/1/2021) dini hari.

Bupati Sumedang: Lokasi Longsor di Perumahan SBG Gembur dan Labil, Pemkab Akan Evaluasi Izin Perumahan di Lereng Gunung

Sumber mata air meluap sebabkan longsor

Adam menjelaskan, longsoran tersebut berasal dari sumber mata air atau drainase yang sehari-hari sering digunakan oleh warga.

Adam menduga bahwa saluran air tersebut tersumbat sehingga air meluap dan membuat longsoran tanah di jalur tebing yang ada di kawasan Puncak.

Lebih lanjut dia mengatakan, kondisi cuaca saat itu sedang cerah dan tidak terjadi hujan seperti biasanya.

"Memang tidak terlalu tinggi tebingnya, cuma informasi sementara dari anggota di lokasi, memang di atas itu ada selokan terus mungkin juga ada sumber air karena warga suka ambil air di situ. Nah, ada yang tersumbat kayaknya akhirnya meluaplah lari mencari jalur sendiri. Ya akhirnya membuat longsoran. Kejadian itu (longsor) pas enggak hujan," ungkap Adam.

Tragedi Longsor Susulan di Sumedang, Anggota SAR Turut Jadi Korban, Baru 5 yang Ditemukan

Jalur Puncak Pass lumpuh

Menurutnya, hal itu yang kemudian menyebabkan jalur Puncak mengalami gangguan serius sehingga ditutup sementara, tidak dapat dilalui kendaraan yang mengarah ke atas Puncak Pass atau Cianjur.

Adam menyebut bahwa dalam kejadian longsor yang menutupi jalan sepanjang 20 meter itu, tidak memakan korban jiwa maupun dampak kerugian ke warung yang ada di sekitar lokasi.

Dapat dipastikan, kata Adam, bahwa seluruh perjalanan pada jalur Puncak ditutup dari dua arah, baik dari arah Bogor ke Cianjur maupun sebaliknya.