Positif Covid-19, Ketua KPU Muratara Sempat Hadiri Rakor Pilkada di Palembang

Positif Covid-19, Ketua KPU Muratara Sempat Hadiri Rakor Pilkada di Palembang

Terbaiknews - PALEMBANG- Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Muratara Agus Marianto yang terpapar Covid-19...

PALEMBANG, - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Muratara Agus Marianto yang terpapar Covid-19 ternyata sempat mengikuti rapat koordinasi (rakor) pilkada di Palembang, pada (17/9/2020) sebelum hasil swabnya keluar.

Ketua KPU Provinsi Sumatera Selatan Kelly Mariana mengatakan, rakor tersebut diikuti oleh ketua dan komisioner KPU tujuh kabupaten yang akan menyelenggarakan pilkada.

Dengan hasil swab ketua KPU Muratara yang dinyatakan positif Covid-19, semua peserta dalam rakor telah diperintahkan untuk menjalani rapid test.

"Rakornya berangsung di kantor KPU Sumsel, Palembang. Bahkan saat itu bertemu saya juga," kata Kelly, Senin (21/9/2020).

4 Penyelanggara Pemilu Positif Covid-19, Tahapan Pilkada Sumbar Tetap Lanjut

Kelly menjelaskan, saat rakor berlangsung, ketua dan anggota KPU ditujuh kabupaten/kota yang hadir semuanya mengikuti protokol kesehatan dengan menjaga jarak dan memakai masker.

Selain itu, rapat tersebut juga berlangsung tertutup di ruangan cukup luas.

Dengan kejadian ini, seluruh kantor KPU provinsi pun sudah disterilisasi di setiap ruangan untuk mencegah penularan.

"Untuk penyelenggara (KPU), tidak akan rakor tatap muka, sekarang kembali daring lagi. Pertemuan rakor kemarin juga jaga jarak, tapi masih kena juga. Kami penyelenggara pemilu sudah menjalankan protokol kesehatan dengan harus pakai masker dan juga jarak," ujarnya.

Kelly pun menjamin seluruh proses tahapan pilkada di Sumatera Selatan tetap berlangsung sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.

Sebab, mereka tak bisa mengambil kebijakan untuk melakukan penundaan Pilkada.