PKB Buka Penjaringan Bakal Calon Bupati Mojokerto

PKB Buka Penjaringan Bakal Calon Bupati Mojokerto

Terbaiknews - MOJOKERTO-Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) membuka penjaringan bakal calon bupati dan bakal calon...

MOJOKERTO, -Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) membuka penjaringan bakal calon bupati dan bakal calon wakil bupati untuk Pilkada Mojokerto 2020.

Pendaftaran mulai dibuka, Minggu (16/2/2020).

Ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC) PKB Kabupaten Mojokerto, Ayni Zuroh mengatakan, penjaringan bakal calon kepala daerah di partainya, terbuka bagi kader internal maupun dari luar PKB.

Penjaringan yang dilakukan juga diharapkan bisa memunculkan kader terbaik dari kalangan Nahdlatul lama (NU),


"Kita tidak menarget, siapa saja boleh. Yang penting kita berharap kader NU. Itu yang paling penting," kata Ayni, saat dikonfirmasi Kompas.com, Minggu malam.

Jamin Penyelenggaraan Pilkada Jabar 2020 Aman, Gubernur RK: dari Dulu Kondusif

Tahapan penjaringan bakal calon kepala daerah meliputi tahap pendaftaran, pengembalian formulir, serta pemenuhan kelengkapan berkas.

Selanjutnya, nama-nama calon yang memenuhi persyaratan akan diserahkan ke DPP PKB.

Uji kelayakan dan kepatutan, serta penetapan calon yang diusung PKB dalam Pilkada Kabupaten Mojokerto, menjadi kewenangan DPP PKB.

"Nanti yang melakukan fit and proper testDPP PKB. Pendaftarannya mulai tanggal 16 sampai dengan 23 Februari. Kemudian seminggu berikutnya pengembalian formulir, lalu minggu ketiga pemberkasan," ujar Ayni.

Buka opsi koalisi

Di Pilkada Kabupaten Mojokerto 2020, PKB menjadi satu-satunya partai politik yang memenuhi persyaratan minimal untuk bisa mendaftarkan pasangan bakal calon kepala daerah tanpa dukungan atau berkoalisi dengan parpol lain.