Penumpang Pesawat Membeludak di Bandara Makassar, AP 1 Kerahkan Tim Penertiban Protokol Kesehatan

Penumpang Pesawat Membeludak di Bandara Makassar, AP 1 Kerahkan Tim Penertiban Protokol Kesehatan

Terbaiknews - MAKASSAR– Beberapa hari terakhir menjelang libur bersama yang telah ditetapkan oleh...

MAKASSAR, – Beberapa hari terakhir menjelang libur bersama yang telah ditetapkan oleh pemerintah, jumlah penumpang pesawat melonjak hingga membeludak di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar.

Membeludaknya penumpang pesawat ini terlihat di pintu keberangkatan Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar.

Bahkan, beredar video di media sosial, Rabu (28/10/2020), kepadatan penumpang terjadi hingga tak terlihat lagi penerapan protokol kesehatan (prokes).

Pesawat Garuda Tergelincir di Bandara Makassar Angkut 14 Penumpang, Semua Selamat

Dalam video, terlihat lonjakan penumpangmemadati pintu keberangkatan yang sedang mengantri.

Bahkan, ada penumpang yang berkerumun sambil berdiri dan ada pula yang terpaksa duduk di troli barang.

Stakeholder Relation Manager Angkasa Pura 1 Bandara Sultan Hasanuddin Makassar Iwan Risdianto yang dikonfirmasi, Rabu (28/10/2020) mengatakan, beberapa hari terakhir ini memang terjadi lonjakan penumpang yang diikuti dengan libur bersama mulai Rabu 28 Oktober hingga Jumat 30 Oktober 2020.

Iwan mengungkapkan, pada tanggal 25 Oktober, jumlah pesawat 224 dengan memuat 22.037 orang penumpang.

Pada tanggal 26 Oktober, sebanyak 186 penerbangan dengan memuat 17.373 orang penumpang dan pada 27 Oktober sebanyak 213 penerbangan dengan jumlah penumpang 20.338.

“Kami baru punya data tanggal 25 hingga 27 Oktober 2020. Itu semua jumlah penumpang yang berangkat dan datang di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin,” katanya.

Natal dan Tahun Baru, 3 Maskapai Siapkan Extra Flight di Bandara Hasanuddin

Iwan mengakui, terjadi lonjakan penumpang beberapa hari ini hingga pihaknya mengerahkan tim penertiban protokol kesehatan yang terus berkeliling mengingatkan penumpang.

Selain itu juga, setiap 30 menit adanya pemberitahuan tentang protokol kesehatan di Bandaran Internasional Sultan Hasanuddin untuk mengingatkan para penumpang

“Kami terus mengingatkan penumpang agar menjaga jarak, menggunakan masker dan sering mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer. Ada tim juga yang terus berpatroli penerapan protokol kesehatan bagi penumpang,” katanya.

Iwan menambahkan, seluruh penumpang masih tetap diwajibkan melakukan rapid test sebelum melakukan penerbangan.

“Bagi penumpang yang tidak membawa surat keterangan rapid test atau swab PCR, kami siapkan rapid test di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar dengan biaya Rp 85.000 dari harga sebelumnya Rp 150.000,” tambahnya.