Tiga Pasien Positif PCR Dinyatakan Sembuh di Deliserdang, Bayi PDP Meninggal di RSUD

Tiga Pasien Positif PCR Dinyatakan Sembuh di Deliserdang, Bayi PDP Meninggal di RSUD

Terbaiknews - Lubukpakam (SIB)Sebanyak 3 orang pasien positif Polymerase Chain Reaction (PCR) Covid-19 dinyatakan...
Lubukpakam (SIB)
Sebanyak 3 orang pasien positif Polymerase Chain Reaction (PCR) Covid-19 dinyatakan sembuh di Kabupaten Deliserdang. Ini menambah jumlah sembuh di Deliserdang menjadi 8 orang untuk sementara.

"Ada 3 pasien yang sembuh sesuai data Selasa (19/5)," kata Petugas Gugus Tugas Pencegahan Penyebaran Covid-19 Deliserdang, dr Ade Budi Krista, Rabu (20/5).

Dari data http://covid19.deliserdangkab.go.id yang diakses Selasa (19/5) diketahui saat ini pasien yang dirawat positif PCR berjumlah 13 orang. Masing-masing berasal dari Kecamatan Percut Seituan 4 orang, Sunggal 3 orang, Delitua 2 orang dan masing-masing satu orang dari Kecamatan Pancurbatu, Patumbak, Tanjungmorawa dan Beringin.

Sementara untuk pasien dalam pengawasan (PDP) berjumlah 27 orang. Terbanyak dari Kecamatan Tanjungmorawa dan Sunggal masing-masing 5 orang. Menyusul dari Patumbak, Percut Seituan dan Labuhan Deli masing-masing 3 orang. Delitua dan Batangkuis masing-masing 2 orang. Birubiru, STM Hilir, Pagarmerbau dan Lubukpakam masing-masing 1 orang.

Untuk pasien yang reaktif Rapid Diagnostic Test (RDT) berjumlah 51 orang. Terbanyak dari Kecamatan Percut Seituan sebanyak 32 orang, Tanjungmorawa 12 orang, Sunggal 6 orang dan Delitua 1 orang.

Pasien Covid-19 yang meninggal tetap berjumlah 5 orang. Sementara untuk pasien dalam pemantauan (PDP) berjumlah 16 orang.
Sebagai perbandingan sesuai data http://covid19.deliserdangkab.go.id yang diakses Senin (18/5), untuk PDP berjumlah 23 orang, dirawat positif PCR berjumlah 15 orang, reaktif RDT berjumlah 36 orang, sembuh 5 orang, meninggal 5 orang dan ODP berjumlah 16 orang.

Sementara, seorang bayi berumur 4 bulan 2 hari, jenis kelamin pria, dengan hasil rapid test reaktif, asal Kecamatan Batangkuis dikabarkan meninggal dunia di RSUD Deliserdang, Lubukpakam, Selasa (19/5) malam.

Kepala UGD RSUD Deliserdang, dr Linda membenarkan kabar duka tersebut. Almahrum sebelumnya dinyatakan berstatus pasien dalam pengawasan (PDP) dan sudah dikebumikan sesuai standar Covid di salah satu pemakaman di Kecamatan Batangkuis.

"Almahrum bayi itu statusnya PDP, bayi itu baru masuk RSUD Deliserdang. Hasil rapid test reaktif, swabnya yang belum keluar hasilnya. Datang kondisinya sudah berat," kata Kepala UGD RSUD Deliserdang, dr Linda kepada SIB, Rabu (20/5).

Sementara Kepala Puskesmas Batangkuis, dr Aguswan menyebut almahrum bayi itu sesuai data 4 April 2020 yang lalu dinyatakan demam berdarah dengue (DBD) dan sakit typus.

Untuk 5 orang keluarga kata Aguswan, sudah dilakukan rapid test. Dengan hasil non reaktif. Sementara untuk orang tua almarhum sudah dilakukan pengambilan swab, dan masih menunggu hasilnya. (T05/f)