Pemkab dan Kejari Sergai Tandatangani Kesepakatan Bidang Hukum

Pemkab dan Kejari Sergai Tandatangani Kesepakatan Bidang Hukum

Terbaiknews - Sergai (SIB)Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serdangbedagai (Sergai) dan Kejaksaan Negeri (Kejari)...
Sergai (SIB)
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serdangbedagai (Sergai) dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Sergai menandatangani kesepakatan bersama bidang hukum. Kesepakatan bersama tersebut ditandatangani Bupati Sergai Ir H Soekirman dan Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Sergai Paian Tumanggor SH, Jumat (14/2) di Aula Sultan Serdang, Komplek Kantor Bupati di Seirampah.

Penandatanganan kesepakatan kerja sama terkait pemberian bantuan hukum, pertimbangan hukum, pelayanan hukum dan tindakan hukum lainnya dalam bidang perdata dan tata usaha negara di Kabupaten Sergai ini turut disaksikan Wakil Bupati (Wabup) H Darma Wijaya, Sekdakab HM Faisal Hasrimy serta dihadiri para Asisten dan Staf Ahli Bupati, para Kepala OPD, jajaran Kejari Sergai, camat serta para kepala desa (Kades) se-Sergai.

Berbarengan dengan penandatanganan kesepakatan bersama tersebut, Pemkab Sergai juga menyerahkan hibah kepada Kejari Sergai dalam bentuk peralatan dan perlengkapan kantor berupa satu unit running text, 20 unit perlengkapan audio visual, 6 unit peralatan infokus, layar proyektor, satu unit laptop dan 3 unit komputer.

Bupati Sergai H Soekirman didampingi Wabup Darma Wijaya menyampaikan tujuan kerja sama untuk membangun kesepahaman antara Pemkab Sergai dengan Kejari Sergai, agar secara bersama-sama menangani perkara dan tata usaha negara yang dihadapi Pemkab.

"Kerja sama ini juga merupakan payung hukum bagi seluruh penyelenggara pemerintahan di Sergai untuk berkonsultasi dengan Kejaksaan apabila menemui permasalahan dalam penyelenggaraan tugas pokok dan fungsi masing-masing," sebutnya.

Soekirman berharap, di masa mendatang tidak terjadi hambatan dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan yang diakibatkan oleh berlarut-larutnya konflik hukum antara pihak-pihak yang berkepentingan dengan pembangunan daerah. "Apabila setiap permasalahan hukum ditangani dengan baik, maka dampaknya tidak hanya positif bagi masyarakat, akan tetapi juga potensial meningkatkan kewibawaan dan suksesnya pembangunan di Pemkab Sergai sebagai pelayan publik yang profesional," jelasnya.

Terkait pemberian hibah, Soekirman menyebut ini merupakan bentuk kerja sama dan sinergitas nyata antara Pemkab dengan Kejari Sergai. Lewat bantuan ini, Pemkab ingin bekerjasama dalam proses pembangunan dan dukungan terhadap peningkatan kinerja Kejari.

Sementara, Wabup Darma Wijaya menyatakan agar implementasi kesepakatan bersama ini berhasil dengan optimal dan tidak bersifat kontra-produktif, diperlukan komitmen yang kuat dan kerjasama lintas sektor yang sinergis dari kedua belah pihak. "Diharapkan kerjasama yang harmonis selama ini, tetap terjaga dan berlanjut untuk masa-masa yang akan datang," harap Darma Wijaya.

Kajari Sergai Paian Tumanggor SH mengucapkan terima kasih atas hibah peralatan dan perlengkapan yang diberikan Pemkab Sergai. â&;&;Kami mengapresiasi pemberian hibah ini. Dan semoga, antara Kejari dan Pemkab terjalin kerjasama yang makin erat. Peralatan dan perlengkapan yang diberikan akan kami gunakan sebaik-baiknya untuk kepentingan masyarakat di Kabupaten yang kita cintai ini," ungkap Paian Tumanggor.

Usai penandatanganan kesepakatan bersama, dilanjutkan dengan penyuluhan hukum oleh Kajari kepada jajaran ASN Pemkab dan Kades se-Sergai serta diakhiri launching buku "Serdangbedagai Kampung Kami" karya tulis Bupati Sergai Ir H Soekirman. (T06/q)