Manajemen dan Tim Medis RS Delia Langkat Bawa Puluhan Pasien HD ke Pantai Cemara Kembar Sergai

Manajemen dan Tim Medis RS Delia Langkat Bawa Puluhan Pasien HD ke Pantai Cemara Kembar Sergai

Terbaiknews - Sergai (SIB)Manajemen Rumah Sakit Umum (RSU) DeliaKabupaten Langkatmenggelar family gathering...
Sergai (SIB)
Manajemen Rumah Sakit Umum (RSU) Delia, Kabupaten Langkat, menggelar family gathering unit dialisis di Pantai Cemara Kembar, Kabupaten Sergai, Minggu (12/1). Pada kesempatan ini, manajemen membawa puluhan pasien hemodialisa (HD) didampingi keluarga masing-masing.

Pemilik RSU Delia Kabupaten Langkat dr Wendy Isman Sitepu MKM mengatakan, acara itu untuk memererat rasa kekeluargaan antar manajemen rumah sakit, dokter, perawat bersama pasien dan keluarga pasien HD.

"Para pasien ini cuci darah di RS Delia sebanyak dua kali dalam seminggu. Jadi, kami putuskan para pasien ini seperti keluarga dan RS Delia menjadi rumah kedua bagi pasien," kata dr Wendy Isman Sitepu MKM didampingi Direktur RSU Delia Kabupaten Langkat dr Harry Wahyudi MKM.

Selain itu, acara ini dilakukan guna menjauhkan stigma negatif bila orang sudah melakukan cuci darah hidupnya tidak akan bertahan lama dan kurang bahagia. "Tapi kami buktikan dalam acara ini, para pasien masih bisa merasakan hidup bahagia dan mengikuti acara gathering ini," ungkapnya.

Ia mengakui kegiatan ini inisiatif para pasien HD yang menyampaikan kepada perawat, dokter hingga manajemen rumah sakit. "Awalnya kami dari manajemen ragu dengan fisik pasien apabila melaksanakan acara ini. Kami juga mengambil inisiatif melakukan seleksi pasien yang bisa ikut dan menyiapkan ambulance, dokter serta perawat ke acara ini," ujarnya.

Ia mengakui acara ini merupakan perdana dilakukan melibatkan pasien dan keluarganya. "Insya Allah ke depannya acara family gathering bersama pasien HD ini menjadi agenda tahunan dan lebih baik lagi. Sebelum melakukan acara ini nantinya, kita juga akan menseleksi kesehatan pasien," sebutnya.

Sedangkan dr Harry Wahyudi MKM mengatakan sebelum acara digelar, dokter penanggung jawab dialisis melakukan seleksi kesehatan pasien guna menghindari hal yang tidak diinginkan.

"Dokter menyeleksi pasien dilihat dari kesehatan, kalau terlalu sesak dan mudah lemas tidak dibawa karena mengganggu kesehatannya. Total pasien HD yang terdaftar di rumah sakit sebanyak 30 orang, dan yang bisa ikut ke acara ini sebanyak 25 orang," ungkapnya.

Mewakili pasien HD, Abdul Kahar mengucap syukur kepada Allah karena para pasien bisa hadir di acara itu. Ia mengakui acara itu merupakan idenya pasien HD. "Kami harapkan acara ini menjadi agenda rutin rumah sakit untuk dilaksanakan dan meminta kepada Allah diberikan usia yang panjang," ucapnya.

Dalam kegiatan ini, tampak manajemen RS Delia memakai baju kaos berkerah warna merah, pasien baju oranye dan keluarga pasien baju hijau. Sebelum acara, pasien beragama Nasrani menggelar kebaktian singkat dan Muslim melaksanakan tausiah.

Selanjutnya acara potong kue ulang tahun terhadap dua anak dari pasien HD Ismail dan Wagimin. Tampak juga hadir owner RS Delia Hj Nuraidah Ngogesa Sitepu, dokter penanggung jawab HD, dr T Abraham SpPD dan dr Dirkamsyah, 14 perawat, 25 pasien HD dan 50 keluarga pasien. (M17/c)