Kadinkes Deliserdang Imbau Masyarakat Tak Panik

Kadinkes Deliserdang Imbau Masyarakat Tak Panik

Terbaiknews - Lubukpakam (SIB)Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Deliserdangdr Ade Budi Krista menyebutdari 83...
Lubukpakam (SIB)
Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Deliserdang, dr Ade Budi Krista menyebut, dari 83 warga yang baru pulang dari negara terinfeksi atau terjangkit virus corona, 9 orang di antaranya merupakan warga yang berdomisili di Deliserdang. Ke-9 orang itu dalam kondisi sehat tanpa ada gejala apapun, naMUn harus diawasi atau dikarantina selama 14 hari.

"Pengawasan dilakukan Dinkes Deliserdang bersama Dinkes Provsu dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP). Hal itu merupakan standar dalam surveillans epidemiologi," kata Ade kepada SIB, Kamis (13/2).

Menurut dia, World Health Organization (WHO) sudah menyatakan COVID19 sebagai Public Health Emergency of International Concern. COVID19 merupakan kePANjangan dari coronavirus disease that was discovered in 2019. Artinya, virus corona ditemukan pada 2019. Untuk itu semua orang yang baru pulang atau baru berkunjung dari negara terjangkit maka harus dilakukan prosedur orang dalam pengawasan.

Untuk itu ia berharap kepada warga Sumut khususnya warga Deliserdang agar tidak panik dan menambah-nambah isu sudah terinfeksi virus corona. Kondisinya sampai saat ini sangat sehat, namun karena baru pulang dari negara terinfeksi harus dilakukan karantina mengikuti pernyataan WHO soal COVID19.

"Ada berita yang menggiring warga supaya panik, seolah-olah warga itu sudah terinfeksi. Saya nyatakan berita itu tidak benar. Kondisinya sehat dan kita lakukan pengawasan karena ada ketentuan yang harus kita lakukan proses karantina selama 14 hari," terang mantan Kapus Kota Datar, Kecamatan Hamparanperak itu.

Ade Budi menyarankan kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dengan menjaga kebersihan diri, keluarga dan lingkungan. "Rajinlah cuci tangan pakai sabun dan gunakan masker bila batuk atau pilek. Jaga stamina tubuh dengan konsumsi vitamin, buah dan sayur dan konsumsi air putih serta cukup istirahat," sarannya.

Ditanya di mana ke-9 warga Deliserdang itu saat ini dikarantina, dokter tersebut tidak mau menyebutnya. "Maaf ya lokasinya tidak bisa saya sebut. Itu sesuai peraturan dan untuk menjaga jangan timbul kepanikan kita bersama," pungkas Ade Budi. (T05/q)
Source : https://hariansib.com/Medan-Sekitarnya/Kadinkes-Deliserdang-Imbau-Masyarakat-Tak-Panik