Bangun Musholla Secara Swadaya, Kadisdik Sergai Apresiasi Kepala SMPN 2 Sipispis

Bangun Musholla Secara Swadaya, Kadisdik Sergai Apresiasi Kepala SMPN 2 Sipispis

Terbaiknews - Sergai (SIB)Pembangunan musholla di SMPN 2 Sipispis Kabupaten Serdangbedagai (Sergai) dimulai dengan...
Sergai (SIB)
Pembangunan musholla di SMPN 2 Sipispis Kabupaten Serdangbedagai (Sergai) dimulai dengan peletakan batu pertama yang dilakukan Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Sergai, Joni Walker Manik, Rabu (5/2) di halaman sekolah tersebut di Dusun II Desa Buluhduri, Kecamatan Sipispis.

Turut hadir, Sekretaris Disdik Batara Rival Harahap, Kabid SMP Sujarwo, Kabid SD Sugianto, Kabid PTK Pujiono, para Korwil, Kepala SMPN se-Sergai, Direktur TMC Indonesia Taslim Moeis, Kepala SMPN 2 Sipispis M Asrul Sani bersama Ketua Komite H Mustafa Saragih dan para guru, serta orangtua pelajar SMPN 2 Sipispis.

Kadisdik mengapresiasi dan bangga atas perkembangan yang ada SMPN 2 Sipispis saat ini, terlebih dengan dimulainya pembangunan musholla di lingkungan sekolah tersebut dengan biaya swadaya.

"Pembangunan musholla ini merupakan bentuk karya nyata, bukan karya kata, karena dibangun dengan swadaya sendiri atas hasil kerja sama yang baik antara pihak sekolah dengan komite dan stakeholder. Inovasi seperti inilah yang perlu dan harus dilakukan para kepala sekolah di jajaran Disdik Sergai," ujarnya.

Untuk itu, Joni meminta kepala sekolah yang hadir untuk terus membenahi sekolah masing-masing, terutama yang belum memiliki musholla. Karena menurutnya, keberadaan musholla di sekolah sangat penting untuk membangun mental spiritual dan pendidikan karakter anak didik.

"Kami minta kepada kepala sekolah SMPN yang belum memiliki mushollah agar segera digagas pembangunannya. Namun dengan catatan harus dengan swadaya, dan jangan dibebankan kepada pelajar, kecuali dalam bentuk sumbangan sukarela. Galilah potensi sekolah masing-masing dengan inovasi dalam upaya peningkatan mutu pendidikan di Kabupaten Sergai," pungkas Joni Walker Manik.

Sementara Ketua Komite SMPN 2 Sipispis, H Mustafa Saragih mengungkapkan pembangunan musholla di sekolah tersebut sudah lama diidamkan pihak sekolah, guru, pelajar serta para orangtua pelajar. Untuk itu, pihaknya akan turut membantu pembangunan musholla tersebut hingga rampung.

Sebelumnya Kepala SMPN 2 Sipispis, M Asrul Sani menuturkan pembangunan musholla ini akan dilakukan secara bertahap. Diawali bangunan induk musholla berukuran 6x6 meter, kemudian akan dilanjutkan dengan pembangunan teras. Adapun biaya untuk pembangunan musholla tersebut berasal dari hasil swadaya berupa bantuan sukarela dari kepala sekolah, guru dan pelajar serta stakeholder lainnya.

"Ke depan kami berharap, musholla ini bukan hanya semata untuk menjalankan ibadah sholat, tetapi akan dijadikan pusat pendidikan karakter serta aktivitas pendidikan agama. Semoga musholla ini dapat segera dirampungkan," harap Asrul Sani.

Dalam kesempatan tersebut, Kadisdik secara spontan menghimpun sumbangan sukarela dari jajaran Disdik yang hadir saat itu, untuk membantu biaya pembangunan musholla di SMPN 2 Sipispis dan terkumpul sebesar Rp4.575.000. Usai acara peletakan batu pertama, dilanjutkan dengan rapat Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMPN se-Sergai di SMPN 2 Sipispis. (T06/f)