Nekat Ikut Tes SKB CPNS Sebelum Hasil Swab Keluar, Warga Purbalingga Ini Ternyata Positif Covid-19

Nekat Ikut Tes SKB CPNS Sebelum Hasil Swab Keluar, Warga Purbalingga Ini Ternyata Positif Covid-19

Terbaiknews - PURBALINGGA- Salah seorang peserta tes seleksi kompetensi bidang (SKB) CPNS asal Kabupaten...

PURBALINGGA, - Salah seorang peserta tes seleksi kompetensi bidang (SKB) CPNS asal Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, dilaporkan terkonfirmasi positif Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Purbalingga Hanung Wikantono mengatakan, yang bersangkutan baru diketahui positif setelah mengikuti tes di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), akhir pekan lalu.

"Sebelumnya keluarga yang bersangkutan ada yang positif, bahkan informasinya ada yang meninggal dunia. Sehingga kami lakukan tracing, yang bersangkutan di-swab," kata Hanung saat dihubungi, Kamis (17/9/2020).

Pasien Sembuh Covid-19 Bertambah, Purbalingga Masuk Zona Kuning

Namun, saat menunggu hasil swab, tanpa sepengetahuan pihak terkait yang bersangkutan nekat mengikuti tes SKB di Yogyakarta.

"Diketahui ( positif Covid-19) setelah pelaksanaan, saat perjalanan pulang, kami baru dapat kabar dari laboratorium bahwa yang bersangkutan positif Covid-19," jelas Hanung.

Pihaknya kemudian menjemput yang bersangkutan untuk menjalani isolasi di rumah sakit.

Pasien berjenis kelamin perempuan tersebut saat ini dalam kondisi baik.

"Kami sudah mengkomunikasikan dengan panitia di sana dan Badan Kepegwaian Nasional (BKN). Sampai sekarang kami belum menerima laporan kontak tracing-nya positif," ujar Hanung.

Di Purbalingga, Tak Bermasker Dihukum Kerja Bakti di Kantor Kecamatan

Pihaknya juga menyarankan agar ruangan yang digunakan untuk SKB CPNS disterilisasi terlebih dahulu atau memindahkan tempat tes ke ruang yang lain.

"Sepertinya opsi kedua yang diambil," kata Hanung.

Hanung menambahkan, pihaknya juga telah melakukan tes swab terhadap 30 pegawai Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Purbalingga yang terlibat dalam tes SKB CPNS.