Musim Hujan, 50 Persen Wilayah Kabupaten Bogor Dinilai Rawan Bencana

Musim Hujan, 50 Persen Wilayah Kabupaten Bogor Dinilai Rawan Bencana

Terbaiknews - KABUPATEN BOGOR- Pemerintah Kabupaten BogorJawa Baratmemetakan wilayah rawan bencana banjir...

KABUPATEN BOGOR, - Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, memetakan wilayah rawan bencana banjir bandang dan longsor yang dipengaruhi curah hujan atau fenomena La Nina.

Pemetaan tersebut dilakukan dalam rangka kesiapsiagaan potensi bencana hidrometeorologi setiap kecamatan di Kabupaten Bogor.

Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor Burhanudin menyebut bahwa 50 persen wilayah Kabupaten Bogor masuk kategori rawan bencana.

Kisah Juru Masak yang Dirumahkan Saat Pandemi, Ikut Jadi Koki Relawan

Tercatat ada 22 kecamatan yang rawan bencana seperti banjir, longsor, puting beliung dan termasuk daerah padat penduduk rawan bencana kebakaran.

"Ada 22 dari 40 kecamatan di Kabupaten Bogor yang rawan terjadi bencana alam. Ini dipetakan berdasarkan pengalaman bencana sebelumnya. Jadi harus waspada dan perlu diantisipasi," kata Burhan usai apel kesiapsiagaan penanggulangan bencana di Cibinong, Jumat (23/10/2020).

Ia mengatakan, Pemkab Bogor akan memberi perhatian lebih dalam upaya pencegahan dan penanganan, termasuk beberapa bantuan alat yang dinilai masih kurang.

Adapun beberapa perlengkapan yang dibutuhkan seperti mobil kendaraan untuk rumah sakit lapangan, mobil komunikasi lapangan, dan alat sejenis lainnya.

Beberapa perlengkapan itu untuk digunakan di kecamatan terpelosok yang blank spot atau area tidak terjangkau sinyal seperti di sekitar wilayah Kecamatan Sukamakmur, Malasari, dan Kecamatan Nanggung.

"Di sana jaringannya kurang bagus. Jadi seperti mobil pemancar jalan itu harus punya. Mungkin nanti secara bertahap akan ditambah, karena ini untuk masyarakat," kata dia.

Kronologi Pemuda di Kalsel Tewas Diduga akibat Disengat Tawon

Burhan mengatakan, masyarakat juga perlu waspada.