Mulai Hari Ini, Pemkot Solo Tutup Sementara Operasional Taman Satwa Taru Jurug

Mulai Hari Ini, Pemkot Solo Tutup Sementara Operasional Taman Satwa Taru Jurug

Terbaiknews - SOLO- Pemerintah Kota (Pemkot) SoloJawa Tengahkembali menutup sementara operasional Taman...

SOLO, - Pemerintah Kota (Pemkot) Solo, Jawa Tengah, kembali menutup sementara operasional Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) mulai Senin (1/2/2021) hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Solo Ahyani mengatakan, penutupan sementara operasional TSTJ karena pertimbangan kasus Covid-19 di Solo yang terus meningkat.

"Kita melihat kondisi pandemi Covid-19. Kalau sudah membaik kita buka lagi (TSTJ)," kata Ahyani di Solo, Jawa Tengah, Senin.

Meski ditutup sementara, pemberian pakan dan pemeriksaan kesehatan tetap dilakukan untuk menjamin kesejahteraan satwa koleksi TSTJ.

"Terutama petugas konservasi tetap masuk. TSTJ itu kan ada tiga misi, edukasi, konservasi dan rekreasi. Misi edukasi dan rekreasi ini kan kondisi sekarang kan tidak berfungsi. Yang berfungsi hanya misi konservasinya," ungkap dia.

Tak Ada Perayaan Imlek di Solo, Diganti Pembagian Masker dan Donor Darah

Ahyani mengungkapkan, masih merumuskan anggaran untuk kebutuhan pakan satwa TSTJ selama ditutup sementara.

"Ini baru dirumuskan paling mungkin dari BTT (bantuan tak terduga). Untuk operasional di luar konservasi itu tidak diperbolehkan," terangnya.

Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo mengatakan, penutupan sementara operasional TSTJ dimulai hari ini karena tidak memungkinkan dibuka di tengah pandemi Covid-19.

Selama penutupan sementara, kebutuhan pakan satwa termasuk dokter hewan dan penjaga hewan telah dialokasikan melalui BTT.

"Untuk (pakan) hewannya boleh pakai BTT. Targetnya itu yang penting hewannya selamat dan pagawainya bisa bisa menanak nasi. Besuk itu mungkin bisa jadi dirumahkan. Tetapi keeper, dokter hewan dan satpam dipekerjakan seperti biasa," ungkap dia.