Melihat Munculnya Ratusan Bunga Bangkai di Hutan Segoro Gunung Grobogan

Melihat Munculnya Ratusan Bunga Bangkai di Hutan Segoro Gunung Grobogan

Terbaiknews - GROBOGANKOMPAS.com - Ratusan bunga bangkai (Amorphophallus pae o ni i folius) tumbuh bermekaran di...

GROBOGAN, KOMPAS.com - Ratusan bunga bangkai (Amorphophallus pae o ni i folius) tumbuh bermekaran di kawasan hutan Segoro Gunung, Desa Nglinduk, Kecamatan Gabus, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah.

Fenomena alam unik yang menyebar di hutan seluas 600 hektaretersebut diketahui mulai muncul sejak awal November atau di momen awal memasuki musim penghujan.

Berdasarkan pantauan Kompas.com pada Selasa (17/11/2020) sore, aroma tak sedap langsung tercium saat menembus kawasan hutan yang 90 persen dipenuhi pohon jati tersebut.

Bunga Bangkai Suweg Mekar Dekat Pemakaman di Salatiga

Hutan yang 10 persen-nya ditumbuhi pohon mahoni itu tercatat berlokasi terpencil berbatasan dengan wilayah Kabupaten Ngawi, Jawa Timur.

Bau khas bunga bangkai tersebut, menurut penuturan warga setempat, pertama kali muncul ketika masa peralihan musim kemarau ke penghujan.

Bau busuk tumbuhan itu kian menyengat mulai sore hingga malam hari. Terkadang, bahkan baunya sampai ke permukiman.

Ukurannya bungai bangkai yang tumbuh di hutan Segoro Gunung bervariasi dan untuk saat ini paling besar ditemukan tingginya sekitar 60 sentimeter dengan lebar 40 sentimeter.

Bunga Bangkai Titanum Mekar di Areal Kebun Warga di Agam Sumbar

Petugas Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Gundih memprediksi jumlah bungai bangkai kali mencapai ratusan, menjamur di berbagai sudut kawasan hutan Segoro Gunung.

"Para petani yang beraktivitas dan warga yang melintas hutan semula penasaran dengan bau bangkai. Namun setelah dicek ternyata bau itu keluar dari bunga bangkai. Saat memasuki malam, baunya kian menyengat," kata Tri Utomo (43), tokoh masyarakat Desa Nglinduk.