Pellu : Bupati SBB Telah Tepati Janji Ke Masyarakat Sohue

Pellu : Bupati SBB Telah Tepati Janji Ke Masyarakat Sohue

Terbaiknews - PiruTribun Maluku : Bupati Kabupaten Seram Bagian Barat Drs. Moh Yasin Payapo telah menepati...

Piru, Tribun Maluku : Bupati Kabupaten Seram Bagian Barat Drs. Moh Yasin Payapo telah menepati janjinya kepada masyarakat Desa Sohue terkait pergantian Penjabat Kepala Desa setempat.

Hal ini dikatakan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa SBB, Moksin Pellu di ruangan kerjanya, Senin (5/10/2020).

Dikatakannya, Bupati telah menepati janjinya dengan melantik Royke Chirstiansens Silaya, S.Sos, berdasarkan SK Nomor 14-542 menggantikan Penjabat Kepala Desa yang lama Arnol Gerson Mariyate, pada Jumat (2/10) kemarin.

Dijelaskan pelantikan Penjabat Kepala Desa baru Desa Sohue, bersamaan dengan pelantikan Penjabat Desa Buano Selatan.

ADVERTISEMENT

“Jadi hari Jumat kemarin itu, sudah dilantik Penjabat Desa Sohue dan Buano Selatan,” ucapnya.

Disebutkan ada tugas yang paling utama kepada Penjabat yang baru ada dengan melakukan mediasi untuk pemilihan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang baru, dikarenakan SK BPD Desa Sohue yang saat ini telah berakhir.

“Untuk itu ditugaskan kepada Penjabat Desa yang baru, agar segera melakukan pemilihan BPD,” terangnya.

Dia mengingatkan Penjabat Desa Sohue yang baru, agar selalu mengedepankan tugas dan tanggung jawab untuk melayani masyarakat dan harus netral dalam mengambil keputusan sebagai pimpinan di Desa.

ADVERTISEMENT

“Penjabat Desa yang baru diharapkan dapat membawa wajah dan pemikiran yang aktual dalam memajukan Desa nantinya,” pungkasnya.

Sebelumnya masyarakat Desa setempat melakukan aksi demonstrasi meminta Bupati Seram Bagian Barat untuk menepati janjinya mencopot Penjabat Desa setempat dari jabatannya.

Korlap aksi demo, Fidris Gaus Sea mengatakan masyarakat Desa Sohue melakukan aksi demonstrasi terkait penyalahgunaan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) oleh penjabat setempat Arnol Gerson Mariate.

Dikatakan sudah tiga kali masyarakat Desa datang meminta kepada Bupati Seram Bagian Barat Drs. Moh Yasin Payapo segera mencopot Penjabat Desa Sohue dari jabatannya.

Apalagi, kata dia, telah terbukti sesuai dengan hasil Audit dari dinas Inspektorat bahwa ada penyalahgunaan DD dan ADD yang dilakukan oleh Gerson.

Fidris Sea juga menjelaskan pencopotan Penjabat Desa Sohue sesuai janji Bupati.

Selengkapnya

Berita dengan kategori