Agustus mendatang peraturan bersepeda akan diterapkan

Agustus mendatang peraturan bersepeda akan diterapkan

Terbaiknews - Bandarlampung (ANTARA) - Direktur Jenderal Perhubungan DaratBudi Setiyadi dalam kunjungannya ke...

Bandarlampung (ANTARA) - Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Budi Setiyadi dalam kunjungannya ke Terminal Induk Tipe A Rajabasa, Bandarlampung mengatakan bahwa untuk Peraturan Menteritentangbersepeda telah selesai dan siap diterapkan.
"Sudah jadi peraturannya," katanya, Sabtu.
Dia melanjutkan peraturan tentang bersepeda sudah diajukan beberapa bulan lalu dan akhir bulan Juli selesai. Pada awal bulan Agustus mendatang akan diajukan ke Kementerian Perhubungan untuk mendapatkan nomor di dalam lembaran.
Budi menjelaskan yang diatur dalam peraturan tersebut di antaranya tata cara bersepeda. Kemudian terkait infrastruktur atau jalan untuk bersepeda.
"Jadi pemerintah daerah anti menyiapkan jalur sepeda itu, kalau jalan nasional nanti pemerintah pusat yang menyiapkan jalur sepedanya. Semuanya adalah untuk keselamatan, jadi penggunanya juga kita atur seperti menggunakan helm dan lain-lain," kata dia.
Dia berharap ke depan ada peraturan yang mendorong penggunaan sepeda tidak hanya untuk kepentingan sehari-hari melainkan dapat digunakan untuk berangkat kerja dan sekolah.
"Kalau bisa ke sekolah menggunakan sepeda bukan motor. Kita lihat, anak-anak sekarang SMP saja sudah pakai motor. Jadi intinya untuk penerapannya harus diatur dalam Perda juga," kata dia lagi.

Berita dengan kategori