KPU Bukittinggi Tetapkan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Terpilih

KPU Bukittinggi Tetapkan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Terpilih

Terbaiknews - PADANG- Mengalahkan dua petahanapasangan Erman Safar dan Marfendi ditetapkan sebagai Wali Kota...

PADANG, - Mengalahkan dua petahana, pasangan Erman Safar dan Marfendi ditetapkan sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih Kota Bukittinggi, Sumatera Barat.

Pasangan yang diusung Gerindra, PKS dan Golkar itu ditetapkan sebagai pemenang Pilkada 2020 dalam rapat pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bukittinggi, Sabtu (23/1/2021).

"Sudah ditetapkan dalam rapat pleno KPU Bukittinggi tadi. Pleno berlangsung aman dan lancar," kata Ketua KPU Bukittinggi Heldo Aura saat dihubungi Kompas.com, Sabtu.

Persoalan Wajib Jilbab di SMKN 2 Padang Selesai, Siswi Kembali Sekolah

Setelah pemenang ditetapkan, menurut Heldo, pihaknya kemudian mengusulkan ke tingkat DPRD Bukittinggi untuk pelantikan.

"Besok usulan pelantikan ke DPRD Bukittinggi kita kirim. Setelah itu, DPRD yang berwenang mengusulkan ke Gubernur Sumbar," kata Heldo.

Dalam Pilkada Bukittinggi 2020, Erman Safar-Marfendi sukses mengalahkan petahana Ramlan Nurmatias yang berpasangan dengan Syahrizal.

Kemudian, mengalahkan Wakil Wali Kota Irwandi yang berpasangan dengan David Chalik.

Sehari Setelah Disuntik Vaksin Covid-19, Seorang Dokter Ditemukan Tewas

Dalam Pleno KPU Bukittinggi pada 17 Desember 2020, Erman Safar-Marfendi meraih suara terbanyak dengan total suara 24.650 atau 44,49 persen.

Kemudian diikuti Ramlan Nurmatias-Syahrizal yang ikut Pilkada melalui jalur perseorangan dengan 22.782 suara atau 41,12 persen.

Posisi terakhir ditempati Irwandi-David Chalik yang diusung PAN, Nasdem dan PKB dengan total 7.792 suara atau 14,39 persen.