Kota Malang Masih Zona Merah, Jalan Ijen Ditutup Saat Akhir Pekan

Kota Malang Masih Zona Merah, Jalan Ijen Ditutup Saat Akhir Pekan

Terbaiknews - MALANG- Polresta Malang Kota membatasi kegiatan warga dengan menutup Jalan IjenKota Malang,...

MALANG, - Polresta Malang Kota membatasi kegiatan warga dengan menutup Jalan Ijen, Kota Malang, Sabtu (26/9/2020).

Salah satu jalan protokol di Kota Malang itu ditutup setiap akhir pekan pada pukul 06.00-10.00 WIB dan 19.00-24.00 WIB. Penutupan dilakukan selama Kota Malang masih berstatus zona merah Covid-19.

Cegah Covid-19, Pemkot Surabaya Mulai Lakukan Tes Swab di Pondok Pesantren

Jalan itu juga disemprot menggunakan cairan disinfektan. Sejumlah tempat duduk yang berada di pinggir jalan juga diberi sekat agar tak diduduki warga.

"Ini ada tiga ruas yang dilakukan, Ijen, Veteran, dan di Soekarno Hatta. Dan ini akan terus kami lakukan, di tempat-tempat lain. Tidak hanya hari ini," kata Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Leonardus Simarmata di Jalan Ijen, Malang, Sabtu (26/9/2020).

Leonardus mengatakan, penegakan hukum terhadap warga yang melanggar protokol Covid-19 berdampak terhadap kasus Covid-19 di Kota Malang.

Sejak penegakan hukum dilakukan, tambahan kasus positif Covid-19 di Kota Malang terus berkurang.

"Dari pertama kita melakukan penegakan hukum, ternyata terjadi penurunan yang sangat signifikan. Bila biasanya kita per hari antara 20 sampai 30 penambahannya. Sekarang penambahan itu tidak pernah lebih dari lima," katanya.

Kabur dari Rumah Sakit, Pasien Covid-19 Meninggal di Rumahnya 2 Hari Kemudian

Leonardus menyebutkan, angka kematian pasien Covid-19 juga cukup rendah.

"Tingkat kematian juga sama, cukup rendah. Sementara tingkat kesembuhan kita, harian itu bisa 20 sampai 25 (orang). Itu artinya kita bertahan terus sampai kita bergerak dari zona merah menuju ke zona oranye," kata Leonardus.