Kasus Meningkat, RSUD Jombang Over Kapasitas Pasien Covid-19

Kasus Meningkat, RSUD Jombang Over Kapasitas Pasien Covid-19

Terbaiknews - JOMBANG- Jumlah kasus positif Covid-19 di Kabupaten JombangJawa Timurmengalami peningkatan...

JOMBANG, - Jumlah kasus positif Covid-19 di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, mengalami peningkatan dalam dua bulan terakhir.

Peningkatan itu berdampak pada status Kabupaten Jombang sebagai zona merah dalam peta perkembangan kasus Covid-19.

Adanya peningkatan jumlah kasus Covid-19 juga nampak dari banyaknya pasien yang dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jombang.

Direktur RSUD Jombang Pudji Umbaran mengungkapkan, pada November hingga awal Desember 2020, jumlah pasien Covid-19 meningkat hingga 100 persen.

Dua bulan lalu, jumlah pasien Covid-19 rata-rata 20-25 orang setiap hari. Namun, sejak November, jumlah pasien Covid-19 rata-rata 40-50 orang setiap hari.

Menyusul Suaminya, Istri Dokter Sardjono Meninggal akibat Covid-19

"Itu salah satunya yang menyebabkan Jombang menjadi zona merah," kata Pudji Umbaran, saat dihubungi Kompas.com, Kamis (3/12/2020).

Menurut Pudji, meski sudah bisa diantisipasi dengan penambahan ruang perawatan dan isolasi, namun peningkatan jumlah kasus positif Covid-19 membuat RSUD Jombang mengalami over kapasitas.

Sejak dua hari lalu, pihaknya mulai menambah ruang untuk menangani pasien Covid-19 yang memerlukan perawatan dan isolasi di rumah sakit.

"Memang terjadi luberan, boleh dibilang juga over kapasitas. Namun demikian, strategi terkait dengan penyiapan lokal (ruang perawatan dan isolasi) tambahan sudah kami persiapkan dan laksanakan," ujar Pudji.