Pasien sembuh COVID-19 di PPU tambah tiga orang

Pasien sembuh COVID-19 di PPU tambah tiga orang

Terbaiknews - Penajam (ANTARA) - Jumlah pasien yang sembuh dari Coronavirus Disease (COVID-19) di Kabupaten...

Penajam (ANTARA) - Jumlah pasien yang sembuh dari Coronavirus Disease (COVID-19) di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur, hari ini mengalami penambahan sebanyak tiga orang, sehingga total pasien yang sembuh di kabupaten ini menjadi 86 orang.

"Tiga pasien yang sembuh ini adalah wanita dengan kode PPU 75 yang tinggal di RT 5, Desa Telemow, Kecamatan Sepaku. Kemudian PPU 90 yang juga wanita beralamatkan di Kelurahan Maridan, Kecamatan Sepaku," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten PPU Arnold Wayong di Penajam, Minggu.

Pasien sembuh ketiga hari ini adalah PPU 96 yang juga seorang wanita. Pasien ini tinggal di RT 23 Kelurahan Waru, Kecamatan Waru. Sama dengan pasien yang lain, pasien ini juga telah dilakukan beberapa kali swab sampai kemudian dinyatakan negatif alias sembuh dari virus corona.

Sedangkan penambahan satu pasien COVID-19 yang diumumkan hari ini adalah dengan kode PPU 104, usia 69 tahun, laki-laki asal RT 29, Desa Babulu Dara, Kecamatan Babulu. Saat ini pasien masih dirawat di Rumah Sakit Ratu Aji Putri Botung (RAPB) Penajam.

Ia melanjutkan, jumlah kasus suspek COVID-19 di PPU hingga kini mencapai 1.058 kasus. Dari jumlah ini, mereka yang melakukan isolasi mandiri sebanyak 63 kasus, kemudian suspek yang meninggal dengan komorbid ada 8 orang.

"Total jumlah kasus probable COVID-19 dari 22 Maret hingga 27 September 2020 sebanyak 188 kasus. Jumlah yang terkonfirmasi sembuh 86 orang, yang terkonfirmasi positif dan masih dalam perawatan 13 kasus, positif meninggal 5 orang, kasus discarded 756 kasus," katanya.

Untuk jumlah kasus suspek per kecamatan, lanjut Arnold yang juga Juru Bicara Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten PPU ini, di Kecamatan Penajam ada 419 kasus, Waru 95 kasus, Babulu139 kasus, dan Kecamatan Sepaku ada 69 kasus.

Kemudian jumlah kasus probable per kecamatan adalah di Penajam terdapat 90 kasus, Waru 11 kasus, Babulu 66 kasus, dan Sepaku 21 kasus.

Sedangkan yang positif per kecamatan adalah di Penajam masih ada 8 orang positif ditambah 46 orang sembuh dan 3 orang meninggal, Waru ada 16 orang yang semuanya telah sembuh.

Kemudian di Kecamatan Babulu masih terdapat 3 orang yang positif ditambah 17 sembuh dan 1 orang meninggal. Selanjutnya di Kecamatan Sepaku terdapat 2 orang positif ditambah 7 orang sembuh dan 1 orang meninggal.

"Kami mengimbau masyarakat tetap patuh pada protokol kesehatan, selalu menggunakan
masker, menjaga jarak aman, sering cuci tangan menggunakan sabun, beretika ketika batuk dan bersin,
tidak melakukan kegiatan yang mengumpulkan banyak orang, dan membatasi aktivitas di luar rumah," kata Arnold.