Bupati Mahulu pimpin upacara HUT Pramuka

Bupati Mahulu pimpin upacara HUT Pramuka

Terbaiknews - Ujoh Bilang (ANTARA) - Bertempat di Bumi Perkemahan Tana Meka’am Jaya (TMJ) Kampung Long...

Ujoh Bilang (ANTARA) - Bertempat di Bumi Perkemahan Tana Meka’am Jaya (TMJ) Kampung Long Melaham Bupati Mahakam Ulu (Mahulu) Bonifasius Belawan Geh memimpin upacara peringatan Hari Ulang Tahun Pramuka ke - 59 tahun.

Peringatan ini mengangkat tema Peran Gerakan Pramuka Ikut Membantu dalam Menanggulangi Bencana Covid-19 dan Bela Negara. Turut hadir dalam peringatan ini antara lain Pj Sekretaris Daerah Stephanus Madang, Asisten Bidang Pemerintahan dan Humas Dodit Agus Riyono, Dansatgas Pamtas Yonif Raider 20/BN Mayor Infantri Andy Irawan, Wakapolsek Long Bagun L. Palenggo, Kadis Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Drg Agustinus Teguh Santoso, dan Camat Long Bagun Yason Liah.

Dalam sambutan Bupati Bonifasius Belawan Geh mengatakan, Pramuka merupakan gerakan yang bertujuan untuk membentuk karakter dan kepribadian bangsa yang kuat, melalui organisasi Pramuka juga mampu membangun kecerdasan sikap dan prilaku muda mudi Mahulu.

“Gerakan pramuka menjadi salah satu pembentuk karakter bangsa yang berjiwa patriot, nasionalisme, cinta kepada Tuhan, cinta kepada sesama, dan cinta kepada alam, mengajarkan gotong royong, disiplin, mandiri, saling menolong dan lebih peduli terhadap kehidupan sosial dan lingkungan,” ujar Bupati selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Mahakam Ulu.

Dikatakan Bupati Bonifasius Belawan Geh lebih lanjut, di bidang pembangunan, berangkat dari jiwa dan pribadi yang telah di latih dalam organisasi Pramuka, merupakan modal awal untuk memajukan suatu daerah.

“Karena dengan karakter yang kuat serta pendalaman visi terhadap suatu tugas dan kewajiban haruslah dimiliki generasi muda kita agar dapat membangun Kabupaten Mahakam Ulu untuk menjadi maju.

Bupati berharap seluruh anggota Pramuka Mahulu senantiasa memaknai dan berpedoman pada hymne Pramuka, bahwa Pramuka Indonesia adalah manusia Pancasila. Satya kudarmakan, darmaku kubaktikan agar jaya Mahakam Ulu.

“Jadilah patriot bangsa yang tetap kokoh menghayati Pancasila serta mengamalkannya untuk kita semua dapat membangun Kabupaten Mahakam Ulu untuk semua sejahtera dan berkeadilan," harap bupati.

Sementara Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Mahulu Benediktus Wisdiadi, dalam kesempatan itu mengungkapkan terima kasih atas kehadiran bupati dan jajaran yang berkesempatan memimpin, dan turut merayakan peringatan HUT Pramuka ke - 59 di Bumi Perkemahan Tanaa Mekaam Jaya sebagai bentuk perhatian dan dukungan kepada Pramuka di Mahulu.

“Kami sebagai anak Pramuka di Mahulu merasa bangga, karena Ketua Mabicab atau kak Boni dengan segala keterbatasan waktu dan kesibukan beliau masih bisa menghadiri bersama kita dalam merayakan hari Pramuka yang ke- 59 tahun di Bumi Perkemahan ini," katanya.

Ditambahkannya, sejak berdirinya organisasi Pramuka dari tahun 1961 hingga kini menginjak usia 59 tahun, patut merasa bangga dan bersyukur atas peran dan keterlibatan Gerakan Pramuka membangun karakter bangsa.

“Di usia 59 ini artinya sudah cukup dewasa, dan adik-adik kita juga masih terlihat tetap semangat untuk memajukan gerakan pramukan terutama pendidikan mental. Harapan kita di Mahulu ini tetap kita kobarkan, semangatnya, gerakannya," tutup Benediktus.

Di akhir acara, bupati selaku Ketua Mabicab Gerakan Pramuka Mahulu menyematkan tanda penghargaan berupa piagam dan lencana Pancawarsa yang di terima Asisten Bidang Pemerintahan dan Humas Dodit Agus Riyono selaku Andalan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Mahulu, Pj. Sekretaris Daerah Stephanus Madang selaku atasan Mabicab Mahulu, Camat Long Bagun Yason Liah selaku Mabirang Long Bagun, Juk Ajang selaku Ketua Mabigus Gugus Depan SMAN 1 Long Bagun.

Berita dengan kategori