Terima remisi kemerdekaan, seorang narapidana di Barsel langsung bebas

Terima remisi kemerdekaan, seorang narapidana di Barsel langsung bebas

Terbaiknews - Buntok (ANTARA) - Sebanyak 124 narapidana di rumah tahanan klas II B BuntokBarito Selatan,...
Buntok (ANTARA) - Sebanyak 124 narapidana di rumah tahanan klas II B Buntok, Barito Selatan, Kalimantan Tengah mendapatkan remisi hari kemerdekaan RI dan satu orang diantaranya langsung dinyatakan bebas pada Sabtu (17/8) besok.

Kepala Rutan klas II B Mastur di Buntok, Jumat, mengatakan, remisi yang diberikan kepada warga binaan pemasyarakatan (WBP) merupakan wujud penghargaan bagi mereka, atas pencapaian dari perubahan perilaku yang positif ketika berada dalam rumah tahanan, maupun lembaga pemasyarakatan.

"Ada tiga napi dapat remisi bebas, namun hanya satu orang yang langsung bebas pada 17 Agustus 2019 ini,” jelasnya di sela kegiatan kerjanya.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, untuk jumlah kamar pada rutan tergolong masih ideal apabila dibandingkan dengan jumlah narapidana yang ada. Mayoritas narapidana merupakan pelaku tindak pidana narkotika, dengan jumlah WBP narkoba sebanyak 63 orang.

"Untuk kapasitas hunian 150 orang, dengan jumlah kamar yakni sebanyak 36 ruangan, perbandingan keduanya masih cukup ideal," ucap dia.

Ia menambahkan, hanya saja untuk jumlah personel penjaga rutan masih belum ideal, karena CPNS yang berjumlah 25 orang belum sepenuhnya dtempatkan di tugas pengamanan blok hunian, sebab masih masa orientasi.

Adapun terkait cukup banyaknya kejadian di daerah lain, terkait peredaran narkoba dalam rutan ataupun lapas yang diduga dikendalikan oleh warga binaan, pihaknya pun mengambil langkah antisipasi dengan memperkuat bidang pencegahan.

"Kami terapkan razia insidentil di kamar hunian, serta memperketat penggeledahan barang maupun badan pengunjung serta narapidana,” terangnya.