Legislator Gumas dukung Desa Tumbang Danau gali potensi wisata

Legislator Gumas dukung Desa Tumbang Danau gali potensi wisata

Terbaiknews - Kuala Kurun (ANTARA) - Legislator Gunung MasKalimantan Tengah Iceu Purnamasari mendukung...

Kuala Kurun (ANTARA) - Legislator Gunung Mas, Kalimantan Tengah Iceu Purnamasari mendukung Pemerintah Desa Tumbang Danau, Kecamatan Mihing Raya, untuk menggali potensi wisata yang dimiliki.
“Tumbang Danau memiliki potensi wisata alam yakni air terjun Sahai Sei Tabaras. Saya mendukung keinginan pemerintah desa yang ingin mengembangkan objek wisata itu,” kata Iceu usai mengunjungi air terjun Sahai Sei Tabaras, Kamis.
Bentuk dukungan dilakukan dengan cara meninjau langsung air terjun Sahai Sei Tabaras, usai pelaksanaan reses anggota DPRD Kabupaten Gumas Dapil I, di Kecamatan Mihing Raya, Kamis (6/2).
Dalam peninjauan, perempuan kelahiran Kota Kuala Kurun itu didampingi oleh Juru Pelestari Cagar Budaya/Ahli Cagar Budaya pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Gumas Firion W Duling.
Legislator: Rugi jika tidak mengunjungi objek wisata di Gumas
Bersama Damang Mihing Raya Salampak, Kepala Desa Tumbang Danau Suraji Martim, Wakil Ketua BPD Tumbang Danau Suryadi Jaya, Sekretaris BPD Tumbang Danau Irma Mayana, Anggota BPD Tumbang Danau Kiki Priskilasi, dan beberapa lainnya, mereka meninjau langsung air terjun Sei Tabaras.
Menurut dia, jika dikelola dengan baik dan benar maka air terjun Sahai Sei Tabaras dapat menjadi sumber pendapatan asli desa serta menggerakkan perekonomian masyarakat desa.
Saat ini, lanjut dia, pemerintah desa mengelola dana desa dan alokasi dana desa yang jumlahnya mencapai miliaran rupiah. Dia berharap dana tersebut digunakan untuk mengembangkan berbagai potensi yang ada.
“Saya harap pemerintah desa menggunakan anggaran yang ada untuk mengembangkan berbagai potensi yang dimiliki. Itu semua demi peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ucap politisi Partai Golongan Karya ini.
Masyarakat diminta promosikan destinasi pariwisata Gumas lewat medsos
Sebelumnya, Plt Camat Mihing Raya Hulnan menjelaskan, di kecamatan itu tidak memiliki tempat hiburan bagi masyarakat untuk melepas kepenatan, usai melakukan aktivitas sehari-hari. Sementara, di Tumbang Danau ada air terjun yang berpotensi untuk dikembangkan.
Pemerintah Desa Tumbang Danau memiliki keinginan untuk mengembangkan air terjun tersebut. Oleh sebab itu, pemerintah desa berharap ada bimbingan dari perangkat daerah terkait untuk membantu mengembangkan potensi yang ada.
Firion W Duling menyampaikan, di Tumbang Danau ada dua potensi wisata, yakni wisata alam dan wisata budaya. Untuk wisata alam adalah air terjun Sahai Sei Tabaras, sedangkan wisata budaya adalah cagar budaya tentang alat penangkap ikan yakni Mihing.
Rencananya, pada Maret 2020 akan ada tim dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Gumas yang melakukan analisa pasar terhadap air terjun tersebut, untuk mengetahui apakah layak untuk dikembangkan menjadi objek wisata.
“Untuk cagar budaya tentang Mihing, rencananya akan kita verifikasi dan registrasi ulang pada Juli dan Agustus 2020. Disana juga ada beberapa kaleka, namun letaknya tidak berdekatan dengan air terjun,” jelas Firion.
Promosikan destinasi wisata harus kreatif, kata legislator Gumas
Baca juga: DPRD Gumas minta DPKO perhatikan kebersihan air terjun Batu Mahasur
Baca juga: Gunung Mas kembangkan dua objek wisata air