DPRD Kotim janji perjuangkan anggaran rumah sakit hingga tuntas

DPRD Kotim janji perjuangkan anggaran rumah sakit hingga tuntas

Terbaiknews - Sampit (ANTARA) - Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah H Ary...

Sampit (ANTARA) - Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah H Ary Dewar mengatakan, pihaknya berkomitmen memperjuangkan anggaran Rumah Sakit Pratama Pundu sampai tuntas sehingga bisa difungsikan optimal.

"Kami selaku anggota DPRD, khususnya dari daerah pemilihan 4 pasti akan memperjuangkan ini. Kami sepakat Rumah Sakit Pundu ini harus segera difungsikan karena sangat diperlukan," kata Ary Dewar di Sampit, Rabu.

Rumah Sakit Pratama Pundu terletak di Desa Pundu Kecamatan Cempaga Hulu, tidak jauh dari perbatasan dengan Kabupaten Katingan. Lokasinya di sisi ruas jalan Trans Kalimantan yang cukup ramai lalu lintas.

Selain untuk memudahkan masyarakat desa menjangkau layanan kesehatan, Rumah Sakit Pratama Pundu juga dibutuhkan untuk menekan fatalitas korban kecelakaan.

Selama ini Jalan Trans Kalimantan yang melintasi Kecamatan Cempaga Hulu dan Cempaga cukup sering terjadi kecelakaan lalu lintas, sehingga diperlukan pelayanan cepat terhadap korban karena untuk mencapai RSUD dr Murjani Sampit membutuhkan waktu sekitar dua jam.

Pembangunan Rumah Sakit Pratama Pundu menelan biaya sekitar Rp4 miliar. Saat ini rumah sakit ini mulai difungsikan namun hanya untuk pelayanan rawat jalan karena fasilitas yang tersedia belum memadai.
Pemkab Kotim fungsikan RS Pundu secara bertahap

Masih dibutuhkan tambahan fasilitas seperti ruang instalasi rawat inap, peralatan kesehatan dan tenaga kesehatan. Kekurangan ini diharapkan bisa dilengkapi secara bertahap sehingga rumah sakit tersebut bisa beroperasi optimal.

"Dari sisi anggaran nanti kalau sudah diusulkan akan kami perjuangkan di DPRD sampai rumah sakit ini operasional, termasuk untuk pengadaan tenaga medis dan peralatan kesehatan. Operasional rumah sakit ini harus sesuai standar," tegas Ary Dewar.

Dengan beroperasinya Rumah Sakit Pratama Pundu, kini Kotawaringin Timur sudah memiliki empat rumah sakit. Selain rumah sakit terbesar dengan tipe B yaitu RSUD dr Murjani Sampit, juga sudah ada dua rumah sakit pratama yaitu Rumah Sakit Pratama Supian Hadi di Kecamatan Parenggean dan Rumah Sakit Pratama Samuda di Kecamatan Mentaya Hilir Selatan.

Pemerintah daerah berencana membangun satu rumah sakit pratama lainnya yaitu di Sebabi Kecamatan Telawang. Banyaknya rumah sakit dibangun untuk memudahkan masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan secara merata di seluruh wilayah.
Legislator Kotim sesalkan lampu lalu lintas mati sampai picu kecelakaan
Baca juga: Berbarengan haul Guru Sekumpul, pilkades serentak Kotim diundur