1.278 KK di Barito Selatan terima bantuan dari Pemprov Kalteng

1.278 KK di Barito Selatan terima bantuan dari Pemprov Kalteng

Terbaiknews - Buntok (ANTARA) - Sebanyak 1.278 kepala meluarga (KK) di Kabupaten Barito Selatan yang terdampak...

Buntok (ANTARA) - Sebanyak 1.278 kepala meluarga (KK) di Kabupaten Barito Selatan yang terdampak pandemi Corona Virus Disease 19 (COVID-19), mendapatkan bantuan dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah yang disalurkan melalui Bank Pembangunan Kalteng.
"Penerima bantuan sosial ini tersebar di 14 kabupaten/kota, dan untuk Barsel tercatat sebanyak 1.278 kepala keluarga," kata Kepala Diskop UKM Kalteng, Aty Muliati saat membacakan sambutan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran di Buntok, Jumat.
Dikatakannya, bantuan langsung tunai ini diberikan kepada masyarakat yang terdampak akibat pandemi COVID-19, karena tidak sedikit masyarakat yang kehilangan mata pencahariannya.
Itu sebabnya, lanjut dia, pihaknya menempatkan program bansos menjadi prioritas penting dalam upaya pencegahan dan penanganan COVID-19 di Kalimantan Tengah.
Ia menjelaskan, untuk proses pendataan penerima bantuan, diawali pengajuan data keluarga yang terdampak oleh pemerintah kabupaten dan kota se-Kalteng.
"Data ini selanjutnya diverifikasi dan divalidasi dengan cermat oleh pemerintah provinsi, agar tidak ada data salah dan tumpang tindih atau terduplikasi," jelasnya.
Selain itu diinstruksikan kepada instansi terkait, dibantu Bhabinkamtibmas dan Babinsa di seluruh pelosok Kalteng, agar mendata keluarga yang terdampak dan belum mendapatkan bantuan sosial tersebut, baik dari APBN maupun APBD.
"Karena bantuan ini sangat diharapkan masyarakat yang memerlukan di tengah pandemi COVID-19," ucapnya.
Selain itu ia juga meminta kepada pelaksana penyaluran bansos untuk tidak main-main dan jangan sampai terjadi penyalahgunaan, sehingga dalam pemberiannya harus sesuai ketentuan yang berlaku.
Sementara itu, Bupati Barito Selatan Eddy Raya Samsuri mengucapkan terima kasih, kepada Gubernur Kalteng yang mengalokasikan bansos bagi masyarakat terdampak pandemi COVID-19.
"Adanya bantuan ini diharapkan bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat, serta menjaga dan mendongkrak daya beli masyarakat menjelang Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah," ungkapnya.
Selain bantuan dari pemerintah provinsi, Pemerintah Kabupaten Barito Selatan melalui rasionalisasi anggaran, telah menyiapkan dan mendistribusikan lebih dari 10 ribu paket bantuan sembako.
Bantuan sosial tersebut diserahkan kepada masyarakat terdampak COVID-19 di wilayah kelurahan dan desa yang tersebar di enam kecamatan di Barito Selatan.
Sementara kepala Bank Kalteng Cabang Buntok, Sriyanto mengatakan, bantuan yang diserahkan itu berupa bantuan langsung tunai dan setiap KK akan mendapatkan bantuan sebesar Rp500 ribu.
Bantuan tersebut merupakan bantuan awal dan bagi masyarakat yang terdampak belum mendapatkan bantuan, akan didata ulang dan diusulkan ke provinsi untuk diproses, karena provinsi telah menyiapkan dana bantuan untuk tahap berikutnya.
"Jumlah bansos berikutnya belum diketahui berapa nilainya, tergantung dengan situasi dan kondisi yang ada, karena dalam hal bantuan ini, pemerintah sangat berhati-hati dan dalam membagikannya harus sesuai ketentuan yang berlaku," terangnya.