Rumah Janda dibongkar TNI dan warga

Rumah Janda dibongkar TNI dan warga

Terbaiknews - Amuntai (ANTARA) - Ratusan warga menonton aksi pembongoaran dua rumah warga di Desa Sarang Burung...

Amuntai (ANTARA) - Ratusan warga menonton aksi pembongoaran dua rumah warga di Desa Sarang Burung Kabupaten Hulu Sungai Utara belum lama ini bahkan aksi ini dibantu warga setempat.
Dua buah rumah yang diketahui ditempati dua wanita berstatus janda berusia lanjut ini dinilai sudah tidak kayak huni sehingga harus dibongkar total.
Sarah dan Mama pemilik dua rumah tersebut hanya bisa pasrah menyaksikan rumah yang mereka tempati puluhan tahun harus dirobohkan anggota TNI dan warga.
Namun, bukannya kesedihan yang terbersit di wajah Sarah dan Mama melainkan seulas senyum bahagia, pasalnya anggota TNI dari anggota Satgas TMMD merobohkan rumah mereka untuk dibangunkan rumah baru.
"Kita akan merehab total rumah Ibu Sarah dan Mama karena kondisinya sudah tidak layak huni, keduanya merupakan janda dengan kondisi ekonomi kurang mampu sehingga layalk kita bantu rehab rumah melalui kegiatan TMMD," ujar Komandan Kodim 1001 Amuntai Letkol Inf Ali Ahmad Satriyadi di Amuntai, Selasa.
Ali mengatakan, memasuki hari ketujuh pelaksanaan TMMD ke 109 di Desa Sarang Burung Kecamatan Danau Panggan, proses pengerjaan rumah milik kedua janda lansia tersebut sudah mencapai 50 persen.

Rumah Janda dibongkar TNI dan warga
Anggota TNI satgas TMMD bersama warga merehab total rumah warga di Desa Sarang Burung Kecamatan Danau Panggang. (Antaranews Kalsel/Humas Kodim HSU/Eddy A)

Rehab total kedua rumah warga prasejahtera ini dilakukan secara bersamaan karena lokasi rumah yang bersebelahan dan merupakan satu kerabat.
Selain melakukan bedah rumah hingga 30 hari pelaksanaan TMMD pihak Satgas juga akan melakukan perbaikan Mushola di Desa Sarang Burung.
Diketahui Mushola yang ada di desa terpencil ini juga sangat memprihatinkan sehingga menjadi sasaran pelaksanaan program fisik TMMD ke 109.
Selaku Komandan Satgas TMMD ke 109, Ali menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada anggota Satgas yang sudah bekerja keras melaksanakan program fisik dan non fisik TMMD, karena selain bedah rumah, satgas dibantu warga juga membangun siring dan meninggikan badan jalan sepanjang 250 meter.
"Saya berterima kasih kepada warga Desa Sarang Burung yang sudah membantu satgas TMMD sehingga pelaksanaan TMMD ke 109 dapat terlaksana dengan lancar," kata Dandim.
Ia berharap semangat kebersamaan dan kemanunggalan TNI dan masyarakat terus ditingkatkan, karena adanya kebersamaan membuat kegiatan pembangunan lancar dan mudah dilaksanakan.
Ali juga mengingatkan agar pelaksanaan TMMD tetap berpedoman kepada protokol kesehatan pencegahan COVID 19 dalam setiap pelaksanaan kegiatannya karena kesehatan dan keselamatan warga dan anggota satgas tetap dinomorsatukan.