Pertama di Indonesia, Bank Kalsel Corner diresmikan

Pertama di Indonesia, Bank Kalsel Corner diresmikan

Terbaiknews - Amuntai (ANTARA) - Pertama kalinya di Kalimantan Sekatan bahkan di IndonesiaBank Kalsel Cabang...

Amuntai (ANTARA) - Pertama kalinya di Kalimantan Sekatan bahkan di Indonesia, Bank Kalsel Cabang Amuntai menyediakan Bank Kalsel Corner di Perpustakaan Umum Daerah dan di Sekretariat Tim Penggerak PKK Kabupaten Hulu Sungai Utara.
Peresmian Bank Kalsel Corner ditandai pemotongan pita oleh Pimpinan Bank Kalsel cabang Amuntai Fachriza Nor Asli disaksikan Ketua PKK Hulu Sungai Utara (HSU) Hj Anisah Rasyidah Wahid dan Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah HSU Lailataur Raudah.
"Bank Kalsel adalah milik pemerintah daerah dan siap bersinergi mendukung kebijakan pemerintah daerah termasuk dalam upaya meningkatkan minat baca masyarakat," ujar Fachriza di Amuntai, Senin (13/7).
Fachriza menjelaskan, Bank Kalsel corneradalah suatu pojok atau fasilitas yang memberikan edukasi tentang peran dan fungsi bank sentral yang dapat di akses melalui koleksi cetak maupun elektronik.
Bank Kalsel Cornermerupakan bagian dari program sosialisasiBank Pemerintah Daerah yang diharapkan dapat meminimalisir rendahnya tingkat minat baca masyarakat Indonesia.

Pertama di Indonesia, Bank Kalsel Corner diresmikan
Pimpinan Bank Kalsel cabang Amuntai Fachriza Nor Asli menyerahkan bantuan bagi pelaksanaan pemilihan Duta GenRe di Amuntai, Senin (13/7/20) (Antaranews Kalsel/Diskominfo HSU/Eddy A)

Ia berharap buku - buku yang disumbangkan Bank Kalsel bisa bermanfaar bagi masyarakat yang berkunjung ke perpustakaan dan berharap program Bank Kalsel Corner bisa di ikuti oleh kabupaten/kota lainnya di provinsi Kalsel".
Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (Dispersip) Kabupaten HSU Lailatanur Raudah menegaskan pentingnya kerjasama dan kolaborasi semua stakeholder SKPD, Forkopimda, BUMD, dan BUMN dalam pengembangan perpustakaan dan budaya gemar membaca, sesuai dengan Undang-Undang 43 tahun 2007 tentang perpustakaan dan sesuai Peraturan Daerah Kabupaten HSU nomor 03 tahun 2020 tentang pengelolaan perpustakaan di Kabupaten HSU."
"Perpustakan sekarang sudah bertranformasi menjadi sahabat masyarakat dalam menciptakan SDM yang unggul melalui kegiatan tranformasi perpustakaan berbasis inklusasi sosial yang bertujuan, meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui berbagai aktivitas pendampingan keahlian sesuai bidangnya masing-masing," kata Lailatanur.
Hal ini, lanjutnya sesuai dengan arahan dari kepala perpustakan nasional, Bapenas RI dan kemendagri , dalam rapat koordinasi nasional dan perpustakaandi Jakarta pada Pebruari 2020 kemaren.
Laila berharap adanya kolaborasi dan kerjasama dengan Bank Kalsel melalui Bank Kalsel Corner dapat berdampak nyata dalam peningkatan ekonomi keluarga melalui kegiatan perpustakaan berbasis inklusi sosial yang pada akhirnya meningkatkan pendapatan (income) masyarakat HSU.
Pertama di Indonesia, Bank Kalsel Corner diresmikan
Penandatanganan kerjasama Bank Kalsel cabang Amuntai dengan Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah untuk program Bank Kalsel Corner disaksikan Ketua PKKHSUHj AnisahRasyidahWahid di Amuntai, Senin. (Antaranews Kalsel/Diskominfo HSU/Eddy A)

Ketua TP PKK HSU yang juga selaku Bunda Baca HSU Hj. Anisah Rasyidah Wahid, ber terima kasih kepada Bank Kalsel atas kerjasamanya dalam upaya meningkatkan minat baca masyarakat.
"Semoga Bank Kalsel cabang Amuntaikhusus bisa semakin maju dan mendukung program dan kebijakan pemerintah daerah," kata Anisah.
Selain meresmikan Bank Kalsel Corner, Pimpinan Bank Kalsel Amuntai.juga menandatangani perjanjian kerja sama dengan Kepala Dispersip HSU dan menyerahkan bantuan sarana dan prasarana Library Corner senilai Rp25.822.000.
Bank Kalsel juga menyerahkan bantuan untuk pelaksanaan pemilihan Duta GenRe HSU senilai Rp8.860.000 yang diterimakan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten HSU yang juga dijabat Anisah Rasyidah Wahid.