Ratusan pelajar Boyolali seleksi Duta Seni 2020

Ratusan pelajar Boyolali seleksi Duta Seni 2020

Terbaiknews - Boyolali (ANTARA) - Ratusan siswa tingkat SMA/SMK/MA dari berbagai sekolahbaik negeri maupun...

Boyolali (ANTARA) - Ratusan siswa tingkat SMA/SMK/MA dari berbagai sekolah, baik negeri maupun swasta, mengikuti seleksi tahap pertama dalam penjaringan sebagai calon perwakilan Program Duta Seni dan Misi Kebudayaan Pelajar 2020 Kabupaten Boyolali ke lura negeri.
"Sebanyak 400 peserta dari 34 SMA/SMK/MA, baik negeri maupun swasta di Boyolali, yang mengikuti tes tahap pertama Duta Seni Pelajar Boyolali tahun ini," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten BoyolaliDarmanto, di Boyolali, Rabu.
Menurut Darmanto tahap pertama sebanyak 400 peserta menjalani ujian tertulis, keMUdian mereka akan diseleksi menjadi 150 peserta, dan tahap kedua diseleksi wawancara mengerucut menjadi sejumlah 80 peserta.
"Pada tahap ketiga peserta akan menjalani tes bakat, diseleksi sebanyak 50 siswa, dan tahap terakhir akan diuji lagi menjadi 16 siswa. Ke-16 siswa ini yang akan menjadi perwakilan pelajar Boyolali untuk dikirim ke luar negeri membawa misi seni kebudayaan dari IndoneSia, khususnya Boyolali," katanya.
Menurut dia, dari 16 pelajar yang lolos seleksi dan ditambah dua orang Mas dan Mbak Duta Pariwisata Kabupaten Boyolali, sehingga totalnya ada 18 pelajar yang dikirim ke luar negeri. Duta Seni Pelajar Boyolali tahun ini, yang kedelaPAN kali dilaksanakan.
"Ke-18 pelajar nanti akan dikirim menjadi Tim Misi Kebudayaan Pelajar Boyolali 2020 yang rencananya dilaksanakan pada Juni-Juli dengan negara tujuan Inggris," katanya.


Pihaknya melihat dari pelaksanaan seleksi tahap pertama ujian tertulis para peserta sangatantusias untuk menjadi yang terbaik dan bisa lolos menjadi calon perwakilan Duta Seni Pelajar Boyolali.
Bupati Boyolali Seno Samodroberpesan agar para peserta terus rajin belajar untuk meraih masa depan yang gemilang.
"Manfaatkan waktu dengan baik untuk rajin belajar agar bisa lolos ke tahapan berikutnya," katanya.
Selain itu, Pemerintah Kabupaten Boyolali menitipkan pesan agar peserta yang nanti menjadi wakil duta seni pelajar tahun ini, dengan rencana tujuan ke Negara Inggris, mampu menjaga nama baik daerahnya dan negaranya.
Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Boyolali bakal mengirim perwakilan pelajar melalui Program Duta Seni dan Misi Kebudayaan Pelajar Ke Luar Negeri 2020 ke Inggris.
Menurut Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pemkab BoyolaliBudi Prasetyaningsih, program tahunan Disdikbud setempat yang dicanangkan Bupati Seno Samodro itu, sukses menarik minat pelajar untuk lebih memperkaya ilmu pengetahuan.
"Program duta seni pelajar pada tahun ini, yang kedelapan, mereka bakal diberangkatkan ke luar negeri dengan tujuan Negara Inggris Raya melewati serangkaian tes seleksi yang terbagi lima tahap," katanya.

Source : https://jateng.antaranews.com/berita/286936/ratusan-pelajar-boyolali-seleksi-duta-seni-2020