Pemkot Pekalongan dan Bulog gelar operasi pasar selama sepekan

Pemkot Pekalongan dan Bulog gelar operasi pasar selama sepekan

Terbaiknews - Pekalongan (ANTARA) - Pemerintah Kota PekalonganJawa Tengahbekerja sama dengan Perum Badan...

Pekalongan (ANTARA) - Pemerintah Kota Pekalongan, Jawa Tengah, bekerja sama dengan Perum Badan Urusan Logistik Subdivre Pekalongan, menggelar operasi pasar MUrah selama sepakan sebagai upaya mengendalikan harga bahan pokok.
Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Dindagkop-UKM) Kota Pekalongan, Sri Haryati di Pekalongan, Rabu, mengatakan kegiatan OP dimulai Rabu ini dan dibuka di Pasar Podosugih.
"OP murah ini dibuka untuk membantu masyarakat untuk memeNUhi kebutuhan sembako yang mulai tren mengalami kenaikan pada awal 2020. Selama seminggu terakhir telah terjadi kenaikan harga sembako di pasaran terutama beras dan minyak goreng sehingga kita perlu OP murah," katanya.
Menurut dia, kegiatan OP tersebut rencananya akan dilanjutkan digelar di sejumlah pasar tradisional lainnya yaitu di Pasar Grogolan, Pasar Banyuurip, Sorogenen dan Pasar Kraton.
Adapun OP murah tersebut, kata dia, akan digelar di sejumlah pasar tradisional itu mulai pukul 08.00 WIB hingga 12.00 WIB.
Saat ini harga minyak di pasaran mencapai Rp14 ribu per liter dan beras medium Rp10.500 per kilogram namun pada OP tersebut harga beras akan dijual Rp8.500 per kilogram.


"Kami berharap masyarakat, khususnya warga prasejahtera bisa memanfaatkan kegiatan OP murah ini dengan berbelanja kebutuhan sembako," katanya.
Kepala Gudang Perum Bulog Subdivre VI Pekalongan Susmiar Betta MarDana mengatakan keterlibatan bulog pada OP ini dalam rangka membantu pemerintah menjaga stabilitas harga komoditi.
"Pada kegiatan OP murah, Bulog berpartisipasi membantu pemerintah menjaga kestabilan harga bahan pokok. Tidak disediakan kupon khusus tetapi masyarakat setempat bisa datang pada OP yang digelar di beberapa pasar tradisional," katanya.
Pada OP murah ini, Bulog setiap hari menyediakan sebanyak 200 kilogram beras dan minyak goreng 120 liter.
"Pada OP ini, masyarakat bisa menebus beras medium Rp8.500 per kg atau beras isi 5 kilogram Rp42.500 per kilogram, beras premium Rp10.600 per kg, Rp53.000 per 5 kilogram, minyak goreng Rp11.300 per liter, tepung terigu Rp7.500 per kg, dan daging beku Rp75.000 per kg.

Source : https://jateng.antaranews.com/berita/286929/pemkot-pekalongan-dan-bulog-gelar-operasi-pasar-selama-sepekan