Pemkab Cianjur fokus tuntaskan penataan destinasi wisata

Pemkab Cianjur fokus tuntaskan penataan destinasi wisata

Terbaiknews - Cianjur (ANTARA) - Pemkab CianjurJawa Baratmemfokuskan penataan sejumlah destinasi wisata hingga...

Cianjur (ANTARA) - Pemkab Cianjur, Jawa Barat, memfokuskan penataan sejumlah destinasi wisata hingga tuntas setiap tahun, sebagai upaya agar promosi pariwisata berjalan optimal dengan ditunjang fasilitas yang lengkap.
"Penataan tuntas berupa penataan yang dilakukan mulai dari infrastruktur, ekonomi kreatif, hingga penataan di kawasan wisata," kata Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman di Cianjur Selasa.
Sehingga ketika penataan dituntaskan, jalannya dibangun, industri kreatif untuk oleh-oleh dan kerajinannya disiapkan dan destinasi wisata sudah lengkap dengan sarana dan prasarana penunjang.
"Ketika dipromosikan, wisatawan sudah nyaman untuk berkunjung dan berlama-lama di satu tempat wisata yang ada di Cianjur. Sehingga mereka dapat merekomendasikan pada kerabat atau teman," katanya.
Ia menjelaskan, di pengujung tahun ditargetkan destinasi wisata yang tuntas penataannya kawasan wisata Kampung Pandanwangi, kawasan wisata edukasi tersebut akan dilaunching akhir Desember.
Sedangkan tahun depan, ungkap dia, pemkab berencana melakukan penataan Hutan Kota Cianjur, Curug Cirambur dan beberapa destinasi wisata lainnya yang tersebar di utara hingga selatan.


"Pemkab akan mendapatkan bantuan dari provinsi sebesar Rp25 miliar untuk pembangunan jalan sepanjang 17 kilometer, menuju Curug Citambur yang saat ini sudha banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah dan mancanegara," katanya.
Bahkan pihaknya telah mengalokasikan dana dari DAK untuk menuntaskan pembangunan jalan ke Curug Citambur dengan harapan tuntasnya penataan tingkat kunjungan wisata dapat meningkat tajam dan sering peningkatan perekonomian warga sekitar.
Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Cianjur, Yudi Ferdiana, mengatakan untuk kampung Pandanwangi akan dikonsep sebagai wisata edukasi berwawasan lingkungan.
"Wisatawan nantinya akan dikenalkan tentang padi khas Cianjur, mulai dari proses penanaman hingga panen. Target utamanya edukasi terhadap anak sekolah, namun secara umum untuk wisatawan dari luar kota dan mancanegara," katanya.
Sementara Kepala PUPR Cianjur, Dodi Permadi, mengungkapkan berdasarkan hasil rapat koordinasi antar OPD di Disparpora, tahun depan ada sejumlah ruas jalan yang akan dibangun untuk menunjang pariwisata.
"Sebagian jalan yang dibangun menuju tempat wisata baru di Cianjur seperti hutan kota, jalan menuju Curug Citambur dan jalan menuju destinasi wisata lainnya. Kami akan ikut membantu program Hayu Ameng Ka Cianjur," katanya.

Source : https://jabar.antaranews.com/berita/123059/pemkab-cianjur-fokus-tuntaskan-penataan-destinasi-wisata