Cerita Bapak dan Anak Tempuh 5.000 Km Jambi-Timor Leste, Naik All New Nmax

Cerita Bapak dan Anak Tempuh 5.000 Km Jambi-Timor Leste, Naik All New Nmax

Terbaiknews - JAKARTAKOMPAS.com - Berkendara jarak jauh atau touring bukanlah hal yang baru bagi Lilik Gunawan...

JAKARTA, KOMPAS.com - Berkendara jarak jauh atau touring bukanlah hal yang baru bagi Lilik Gunawan dan putranya, Balda. Kali ini, bapak dan anak tersebut sukses menuntaskan touring sejauh 5.000 km.

Lilik dan Balda yang menggunakan YamahaAll New Nmax 155 Connected ABS berangkat dari Jambi menuju Timor Leste. Petualangan ini adalah sebuah misi yang bernama Ride to East.

Melirik Perbedaan Fitur Honda PCX 160 dengan Yamaha All New Nmax 155

Selama 50 hari perjalanan melewati darat dan laut, Lilik dan Balda melewati 12 provinsi, 7 pulau, serta dua negara.

Dengan jarak tempuh sejauh itu, keduanya melewati berbagai kondisi jalan yang beragam. Kondisi tersebut sekaligus bisa menguji kekuatan serta daya tahan motor yang digunakan.

Cerita Bapak dan Anak Tempuh 5.000 Km Jambi-Timor Leste, Naik All New NmaxDok. YIMM Lilik Gunawan dan putranya, Balda, berhasil touring sejauh 5.000 km dari Jambi ke Timor Leste

Ditambah lagi, selama perjalanan Lilik harus membawa tiga travel box dengan kondisi full load yang terpasang di sisi kiri, kanan, dan belakang motor.

Wilayah timur Indonesia juga terkenal ekstrem dengan istilah jalur 1.000 tikungannya serta cuaca yang panas. Kondisi ini juga mengharuskan motor tetap prima.

Menariknya, Lilik mengaku sepanjang perjalanan menuntaskan misi dari Jambi ke Timor Leste, kondisi motor yang digunakan senantiasa prima.

Sejak mulai perjalanan dari Merangin, Jambi, Lilik singgah di bengkel resmi Yamaha hanya untuk melakukan servis ringan dan mengganti oli mesin dan kampas rem.

“Dari Merangin, Jambi, hingga Timor Leste, saya mampir di Yamaha hanya untuk melakukan servis ringan dan mengganti kampas rem serta ganti oli. Sisanya aman. Saya akui motor ini tangguh betul," ujar Lilik, dalam keterangan resminya.

Adu Mesin Honda PCX 160 dengan Nmax 155, Siapa Unggul?

Padahal, menurut Lilik, jalur yang dilewati cuacanya panas. Bahkan, terkadang berubah hujan seketika. Tentu kondisi ini dapat memengaruhi suhu mesin.

"Belum lagi jarak tempuh yang panjang dengan bawaan saya yang full load, banyak sekali. tapi ya terbukti motor ini bisa sampai di Timor Leste tanpa ada suatu kendala,” kata Lilik.

Touring ini bukan kali pertama Lilik dan Balda menguji ketangguhan Nmax. Di tahun 2019 lalu, keduanya sudah pernah melakoni touring lintas negara sejauh kurang lebih 20.000 km.

Lilik dan Balda berangkat dari Indonesia menuju kota suci Mekkah di Arab Saudi. Perjalanan selama 8 bulan itu berhasil diselesaikannya dan kembali ke Tanah Air.