Indonesia Kini Miliki Laboratorium Hewan Uji Radioaktif

Indonesia Kini Miliki Laboratorium Hewan Uji Radioaktif

Terbaiknews - BANDUNG- Badan Tenaga Nuklir Nasional ( Batan) melalui Pusat Sains dan Teknologi Nuklir Terapan...

BANDUNG, - Badan Tenaga Nuklir Nasional ( Batan) melalui Pusat Sains dan Teknologi Nuklir Terapan (PSTNT) memiliki fasilitas laboratorium hewan uji radioaktif.

Laboratorium ini menjadi satu-satunya di Indonesia yang digunakan untuk penelitian dan pengembangan senyawa bertanda dengan menggunakan hewan percobaan.

“Laboratorium hewan ini sudah ada sejak 1979. Namun belum dilengkapi dengan fasilitas pengujian yang sesuai dengan standar, sehingga pemanfaatannya belum maksimal,” ujar Kepala PSTNT, Jupiter Sitorus Pane dalam rilisnya, Senin (30/3/2020).

Polisi Masih Cari Oknum Penimbun Radioaktif di Lahan Kosong Batan Indah

Pada awalnya, laboratorium ini hanya digunakan untuk melakukan kontrol terhadap produk radioisotop dan senyawa bertanda yang dihasilkan reaktor TRIGA 2000.

Tujuannya untuk mengetahui karakteristik radioisotop dan senyawa bertanda melalui hewan percobaan dan beberapa uji praklinis sederhana.

Sejak 2019, dilakukan perbaikan tahap awal berbagai fasilitas laboratorium dan pada Februari 2020 selesai dan siap dimanfaatkan.

“Pada perkembangannya, laboratorium ini digunakan untuk uji pra-klinis terhadap penelitian senyawa bertanda untuk diagnosis dan terapi kanker dan penyakit infeksi lainnya,” tutur Jupiter.

Jupiter menambahkan, laboratorium ini akan lebih ditingkatkan pemanfaatannya dengan mengacu pada standar internasional.

Hal itu seiring dengan ditetapkannya PSTNT sebagai Pusat Unggulan Iptek di bidang senyawa bertanda dan radiometri.

Dilengkapi laboratorium hewan ini, diharapkan PSTNT dapat menghasilkan produk penelitian senyawa bertanda dan radiometri yang teruji, unggul, dan terpakai masyarakat.